Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi industri di Jepang naik 2,4%

TOKYO: Produksi industri di Jepang pada Oktober naik lebih tinggi dari perkiraan analis di tengah melemahnya permintaan dari luar negeri.Produksi pabrik bulan lalu meningkat 2,4% dari September, pulih dari penurunan 3,3%, ungkap Kementerian Perdagangan

TOKYO: Produksi industri di Jepang pada Oktober naik lebih tinggi dari perkiraan analis di tengah melemahnya permintaan dari luar negeri.Produksi pabrik bulan lalu meningkat 2,4% dari September, pulih dari penurunan 3,3%, ungkap Kementerian Perdagangan hari ini. Sebanyak 28 ekonom dalam survei Bloomberg News rata-rata memprediksi kenaikan produksi 1,1%.Pabrikan menghadapi apresiasi yen terhadap dolar AS yang menggerus laba. Kondisi ini memicu komentar Presiden Toyota Motor Corp Akio Toyoda yang mengatakan perusahaannya 'bakal bangkrut' jika yen tidak melemah.Banjir terburuk yang melanda Thailand dalam 70 tahun terakhir juga menyebabkan sejumlah perusahaan menurunkan produksi."Penguatan yen dalam tiga bulan sejak Juli secara bertahap mempengaruhi produksi. Faktor banjir Thailand menurunkan permintaan dari luar negeri," kata Mari Iwashita, chief market economist pada SMBC Nikko Securities Inc.Pabrikan akan mengurangi produksi 0,1% bulan ini dan meningkatkannya 2,7% pada Desember, menurut survei pemerintah terhadap sejumlah perusahaan. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper