Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

SURABAYA: PT Perkebunan Nusantara X (Persero) tahun ini menyisihkan dana Rp250 juta untuk penanaman pohon, yang merupakan bagian dari program bina lingkungan dengan alokasi anggaran Rp3 miliar. 
 
Wasis Pramono,Kepala Bidang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PTPN X,  mengatakan BUMN yang mengelola industri gula di Jawa Timur itu tahun ini menyiapkan 100.000 batang pohon, guna mendukung program penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan pemerintah.
 
"Sebagian pohon kami tanam di sekitar areal pabrik gula, dan selebihnya di berbagai lokasi melalui kerja sama dengan Pemprov Jatim maupun pemda kabupaten/kota. Dana untuk penyediaan pohon tahun ini Rp250 juta," ujarnya di sela-sela penanaman 1.650 pohon di kaki jembatan Surabaya – Madura (Suramadu) sisi Madura hari ini.
 
Menurut Wasis, program penanaman pohon tersebut dilakukan melibatkan pihak ketiga sebagai penyedia pohon, menanam sekaligus memeliharanya. Pemeliharaan dilakukan selama empat bulan, selanjutnya diharapkan pemda kabupaten/kota mengganti peran kontraktor pohon PTPN X.
 
Dia menambahkan dana yang dimanfaatkan menghijaukan lingkungan disisihkan dari anggaran program bina lingkungan senilai Rp3 miliar tahun ini. Selebihnya digunakan pengembangan sarana ibadah, jalan desa, beasiswa.
 
Beberapa program pengembangan pendidikan yang dilakukan PTPN X antara lain pendidikan nonformal berupa peningkatan kualitas guru-guru sekolah taman kanak-kanak serta kewirausahaan bagi masyarakat di sekitar kebun tebu. (sut)          
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Adam A Chevny

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper