Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasar truk di kawasan Timur Indonesia menjanjikan

 
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 10 November 2011  |  17:58 WIB

 

SURABAYA:Pasar kendaraan niaga di sebagian wilayah Timur Indonesia Timur Jatim, Bali Nusra masih prospektif terutama untuk jenis truk kecil yang menjadi kebutuhan usaha kecil menengah.
 
Itulah sebabnya PT Indomobil Prima Niaga (diler truk bermerek Hino)memproyeksikan kenaikan penjualan sebesar 20% di kawasan itu.
 
Operation Officer PT Indomobil Prima Niaga Iwan Gunarso mengatakan besarnya pasar truk di Indonesia Timur ini tidak terlepas dari pertumbuhan usaha di sektor pertanian dan pertambangan.  
 
"Kebutuhan truk itu untuk mengangkut hasil bumi dan biasanya berada di daerah pelosok," ujarnya kepada Bisnis hari ini.
 
Selain bermunculan pedagang baru, juga pedagang lama yang berkembang dan menambah armada truknya. Umumnya mereka ini membutuhkan truk ukuran  kecil. 
 
Dengan melihat perkembangan market tersebut, lanjutIwan, Indomobil di Surabaya sebagai agen tunggal pemegang merek truk Hino di Jatim, NTB dan NTT optimistis akan mampu mendongkrak pertumbuhan penjualan truk sebesar 20%.
 
Sampai akhir tahun Iwan berharap total penjualan truk secara keluruhan di Jatim, Bali Nusra juga naik 17% dari posisi akhir 2010. Sebagaimana diketahui untuk truk besar, Indomobil telah memimpin pasar di kawasan tesebut. 
 
"Namun khusus untuk Hino pangsa pasar kami baru mencapai 6%."
 
Khusus untuk Jatim pasar truk cenderung stabil dibanding kondisi tahun lalu. Iwan memproyeksikan pertumbuhan market otomotif tersebut akan mencapai 17%. 
 
"Seharusnya bisa lebih dari 17% kalau pengiriman atau pasokan tidak mengalami penundaan selama dua bulan yakni pada April-Mei lalu, imbas dari tsunami di Jepang," ujarnya.
 
Bahkan pada periode tersebut, tambah Iwan, pasokan suku cadang maupun truk Hino di Surabaya tinggal 40%-an. Namun memasuki Juni kondisinya sudah  normal. "Andaikan tidak ada tsunami pertumbuhan market truk di Jatim ini bisa mencapai 25%-30%."
 
Menurutnya, karakter market kendaraan komersial di Jatim berbeda dengan NTB dan NTT yakni sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan armada angkutan dari korporat. 
 
Sampai akhir tahun penjualan truk di Jatim diharapkan bisa tembus 2.250 unit. Jumlah tersebut akan memberikan kontribusi sebesar 10% dari target nasional yang ditetapkan sebanyak 23.400 unit.
 
Tahun lalu, Indomobil berhasil membukukan penjualan truk Hino dengan segala varian sebanyak  1.700 unit. Sampai semester I/2011 perseroan terebut mencat penjualan truk sekitar 1.100 unit. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top