Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPO Semen Baturaja belum ditetapkan

JAKARTA: Rencana pelepasan saham perdana (IPO) PT Semen Baturaja belum bisa dipastikan dapat terlaksana pada tahun ini.Deputi Industri Strategis dan Manufaktur Kementerian BUMN Irnanda Laksanawan menegaskan pada tahun ini merupakan tahun persiapan IPO

JAKARTA: Rencana pelepasan saham perdana (IPO) PT Semen Baturaja belum bisa dipastikan dapat terlaksana pada tahun ini.Deputi Industri Strategis dan Manufaktur Kementerian BUMN Irnanda Laksanawan menegaskan pada tahun ini merupakan tahun persiapan IPO BUMN semen tersebut. Namun, untuk pelaksanaannya belum dapat dipastikan apakah pada tahun ini atau tahun depan."Tahun ini masih persiapan. Paling lambat kan 2012. Namun, kalau bisa pada tahun ini ya bagus, hanya sekarang masih dalam tahap menyiapkan diri untuk IPO," ujarnya belum lama ini.Dia mengatakan untuk melakukan aksi korporasi itu dibutuhkan waktu yang cukup lama, karena semuanya harus dipersiapkan secara matang agar pelaksanaan pelepasan saham kepada publik berjalan lancar."Ini masih dalam pembicaraan internal. Setelah itu siapkan konsep ke Komite Privatisasi, lalu masih meminta persetujuan DPR. Belum lagi kesiapan aset dan legal dari perusahaanya. Kalau dari sisi laba, memang mereka selalu mendapatkan laba, tapi kesiapan lainnya masih dilihat lagi," jelasnya.Dia juga mengatakan besaran saham yang akan dilepas kepada publik juga masih dikaji. Dia memperkirakan Semen Baturaja akan melepas saham minimal 20% atau akan disesuaikan dengan kebutuhan dana perseroan."Mungkin minimum 20% [saham yang dilepas], tetapi tergantung dari kebutuhan dana mereka [Semen Baturaja], dan semua itu masih dikaji terus," tuturnya.Adapun, Deputi Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian BUMN Achiran Pandu Djajanto mengatakan hingga saat ini masih belum bisa memastikan pertemuan dengan Komite Privatisasi untuk membahas agenda privatisasi BUMN 2011."Kami sudah lama ajukan permohonan pembahasan, tetapi kami belum mendapatkan jawaban [untuk pembahasan dengan Komite Privatisasi]. Inginnya memang bulan ini, tapi belum bisa dipastikan," jelasnya.Dia juga mengatakan belum dapat memastikan apakah Semen Baturaja dapat melaksanakan aksi korporasi itu pada tahun ini, karena segala sesuatunya masih dalam tahap persiapan. Selain BUMN semen itu, ada BUMN lain yang juga mengajukan diri untuk IPO pada tahun ini. Namun, Pandu enggan memberikan penjelasan rinci mengenai hal itu."Ini kan masih terus dibahas. Yang potensial memang pendukung infrastruktur [semen]. Namun, pelaksanaannya tergantung mereka dan persetujuannya. [Jika Semen Baturaja tidak IPO tahun ini?] Masih ada yang lain yang disiapkan untuk IPO," tegasnya.Sementara itu, Menteri BUMN Mustafa Abubakar enggan berkomentar banyak terkait dengan rencana privatisasi BUMN 2011. "Belum. Masih rapat internal. Tunggu saja," katanya singkat.(yes)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Errol Poluan
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper