Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stimulus dana perumahan sulit reduksi harga

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;mso-para-margin-top:0in;mso-para-margin-right:0in;mso-para-margin-bottom:10.0pt;mso-para-margin-left:0in;line-height:115%;mso-pagination:widow-orphan;font-size:11.0pt;font-family:"Calibri","sans-serif";mso-ascii-font-family:Calibri;mso-ascii-theme-font:minor-latin;mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-fareast-theme-font:minor-fareast;mso-hansi-font-family:Calibri;mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

BI/Properti

02 Februari 2011

02-riil-yuw-dak

Stimulus dana perumahan sulit reduksi harga

Oleh Yusuf Waluyo Jati

Bisnis Indonesia

JAKARTA: Kalangan pengembang menilai stimulus dana alokasi khusus (DAK) perumahan yang digelontorkan Kementerian Perumahan Rakyat pada tahun ini akan sulit mereduksi harga rumah sejahtera secara signifikan.

Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Fuad Zakaria menjelaskan dana perumahan tersebut rencananya diberikan kepada kabupaten/kota yang dianggap telah memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan Kemenpera.

Adapun rata-rata besaran dana perumahan sekitar Rp6,6 juta per unit rumah sejahtera. Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa berharap dengan adanya stimulus tersebut bisa menekan harga rumah sejahtera di setiap daerah setara dengan nilai bantuan.

Namun, Fuad berpendapat dana perumahan yang akan dicairkan tak bisa sepenuhnya dimanfaatkan pengembang untuk mereduksi harga rumah sejahtera.

Kalau setiap rumah sejahtera mendapat stimulus Rp6,6 juta, tidak otomatis harga rumah bisa turun sebesar itu karena dana tersebut juga akan dialokasikan untuk stimulus para kontraktor membayar pajak dan biaya siluman untuk memenangkan setiap tender. Inilah faktanya, katanya kepada bisnis.com, hari ini.

Sebelumnya, Menpera mengatakan program dana khusus perumahan akan sepenuhnya digunakan untuk peningkatan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) di setiap daerah yang menjadi sasaran pembangunan rumah sejahtera untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

PSU yang akan dilakukan improvisasi itu di antaranya jaringan air minum, air limbah, jaringan listrik, serta penerangan jalan umum. Kemenpera menargetkan sekitar 62 kabupaten/kota pada 2011 bisa mendapatkan dana khusus perumahan senilai Rp150 miliar. Dana tersebut ditargetkan bisa menstimulasi PSU sekitar 24.000 unit rumah sejahtera.

Fuad pesimistis program dana khusus perumahan bisa berjalan mulus sesuai dengan keinginan pemerintah menekan harga rumah. Kalau toh ada pengurangan harga, maksimal hanya sekitar Rp3 juta per unit, ujarnya.

-----------------

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper