KPPU telah berhasil tangani sekitar 41 perkara

SURABAYA: Berikut adalah berbagai berita yang menjadi sorotan sejumlah media massa di Jatim antara lain setujunya pemprov atas penolakan revisi SK gula rafinasi Mendag dan ketidakjelasan investor jalan tol tengah Surabaya.
News Editor | 22 Desember 2010 02:23 WIB

SURABAYA: Berikut adalah berbagai berita yang menjadi sorotan sejumlah media massa di Jatim antara lain setujunya pemprov atas penolakan revisi SK gula rafinasi Mendag dan ketidakjelasan investor jalan tol tengah Surabaya.

JATIM TOLAK: Pemerintah Provinsi Jatim secara sepihak menolak peredaran gula rafinasi setelah seribuan petani dan pekerja perkebunan gula menolak rencana revisi SK Mendag no 572/2004.Seluruh warga Jatim menoak, pasalnya sekitar 45% komoditas gula nasional disuplai dari Jatim dengan angka 2,2 juta ton. Jika SK tersebut direvisi dengan boleh beredarnya gula rafinasi, buruh tani dan pekerja perkebunan akan banyak menganggur. Sebagai langkah konkret, pemprov akan menyiapkan Peraturan Gubernur untuk meakukan pengawasan peredaran rafinasi dengan terlebih dahulu melayangkan surat penoakan. (Jawa Pos)INVESTOR TAK JELAS: Kemampuan investor tol tengah Surabaya, PT Margaraya Jawa Tol, tidak jelas. Studi kelayakan proyek itu juga belum pernah diungkap terbuka pada publik sehingga masyarakat masih gamang terkait keberadaan tol tengah tersebut. Konsultan bisnis Kresnayana Yahya mengatakan, PT Margaraya Jawa Tol (MJT) tidak pernah menunjukkan mampu secara finansial melaksanakan proyek itu.Pemerintah pun beberapa kali menunjukkan keraguan dengan mengancam akan mencabut hak konsesi PT MJT atas tol tengah. Padahal, PT itu sudah 13 tahun dapat konsesi, tetapi tidak kunjung merealisasikan pembangunan. (KOMPAS JAtim)SERBUAN IMPOR: DPRD Jatim khawatir serbuan komoditas pertanian impor akan menggangu perekonomian Provinsi ini. Bagi Jatim yang mayoritas penduduknya petani, kedatangan 22.700 ton beras impor dari Vietnam, Senin malam itu sangat mencemaskan. Meski sementara, Bulog sebagai pengimpor menyatakan beras itu untuk didistribusikan ke Jawa Tengah. (KOMPAS Jatim)TANGANI PERKARA: Sepanjang 2010 KPPU telah berhasil menangani sekitar 41 perkara pelanggaran praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Ketua KPPU RI, Tresna Soemardi mengatakan penanganan perkara tersebut berasal dari 385 laporan yang diterima.Dari laporan tersebut 194 merupakan laporan resmi dan, 191 lagi laporan tertulis. Sebanyak 385 Laporan masyarakat yang masuk ke KPPU itu, sekitar 85% merupakan laporan yang terkait tender. Dari jumlah tersebut sekitar 190 perkara sudah berhasil diputuskan. (Bisnis-Jatim.com)GEMPA YOGYA: Gempa tektonik berkekuatan 5,8 skala Ricther yang terjadi pagi tadi di Wonosari Daerah Istimewa Yogyakarta, sempat dirasakan sebagian masyarakat Jawa Timur.Kepala Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) BMKG Tretes Petrus Dominsili mengatakan gempa tektonik yang terjadi di Yogyakarta sekitar pukul 10.59 WIB itu akibat adanyanya subduksi lempeng Indo Australia ke arah bawah Eurosia. Namun, menurut dia, kekuatan gempa ini tidak sampai berpotensi Tsunami, hanya saja wilayah Pacitan dan Malang patut diwaspadai. (Bisnis-Jatim.com) (ln)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top