Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Politisi Golkar Misbakhun Kritik Pidato Prabowo Subianto di Singapura

Politisi Partai Golkar Mukhamad Misbakhun melontarkan kritik tajam merespons berbagai pernyataan Prabowo Subianto dalam The World in 2019 Gala Dinner di Singapura, Selasa (27/11/2018).
M. Misbakhun. /Antara
M. Misbakhun. /Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Politisi Partai Golkar Mukhamad Misbakhun melontarkan kritik tajam merespons berbagai pernyataan Prabowo Subianto dalam The World in 2019 Gala Dinner di Singapura, Selasa (27/11/2018).

Menurutnya, Prabowo dalam pandangannya justru melecehkan rakyat negeri sendiri melalui forum di mancanegara.

Ada beberapa hal yang jadi sorotan Misbakhun terkait dengan pernyataan Prabowo dalam forum yang digelar majalah The Economist itu. Antara lain pernyataan Prabowo tentang korupsi di Indonesia yang sudah seperti kanker stadium empat, perilaku elite yang gemar membodohi masyarakat, serta banyaknya rakyat yang mudah disuap hanya dengan beberapa karung nasi untuk memilih calon tertentu dalam kontestasi politik.

“Jika Pak Prabowo berkata pada sebuah forum international di Singapura, maka itu menjadi bukti betapa sempit pemikirannya sebagai seorang calon presiden. Pernyataan Pak Prabowo itu menimbulkan keprihatinan yang dalam setidaknya buat saya,” ujar Misbakhun dikutip dari keterangan resmi, Kamis (29/11/2018).

Pernyataan Prabowo soal rakyat Indonesia mudah dibeli dengan sekarung nasi, katanya merupakan ujaran yang sangat menyakitkan perasaan.

Lebih disayangkan, kata Misbakhun, Ketua Umum Partai Gerindra itu menyatakan hal tersebut di mancanegara.

“Apakah Pak Prabowo mau bilang bahwa pemilih Pak Prabowo karena diberi sekarung nasi, atau pemilih Jokowi yang diberi sekarung beras. Apakah rakyat Indonesia serendah itu sehingga dengan mudah dibeli dengan sekarung beras. Ini benar-benar sangat memprihatinkan,” ujarnya. 

Anggota DPR asal Pasuruan, Jawa Timur itu menegaskan masih sangat banyak rakyat yang memilih berdasar hati nurani, nalar sehat dan bukan karena uang.

Menurut Misbakhun, pernyataan Prabowo di depan forum bergengsi itu justru memperlihatkan mantan Danjen Kopassus tersebut tak pernah turun ke lapangan untuk berdialog langsung dengan rakyat.

“Betapa seorang Pak Prabowo masih perlu turun ke bawah untuk melihat situasi dan kondisi di lapangan, berdiskusi dari hati ke hati dan berkumpul dengan rakyat. Pernyataan ini membuktikan bahwa Pak Prabowo hanya mendengarkan masukan-masukan dari orang-orang di sekitarnya,” kata Misbakhun.

Lebih lanjut Misbakhun mengatakan, korupsi dan kemiskinan adalah sebagian masalah di Indonesia.

Hanya saja, katanya, tak semestinya Prabowo menggembar-gemborkan korupsi dan kemiskinan di Indonesia kepada warga asing. 

“Membuka borok bukan sebagai bentuk penyelesaian, bukan juga sebagai jalan keluar. Sikap ini justru semakin membuktikan bahwa Pak Prabowo hanya bisa memolitikkan sebuah masalah tanpa memberikan cara penyelesaiannya. Jelas bukan orang yang dewasa dalam menyikapi keadaan justru dengan membuka aib negeri,” tutur Misbakhun. 

Anggota Komisi XI DPR yang membidangi keuangan dan perbankan itu menambahkan, jika Prabowo hanya bisa mengumbar persoalan tanpa cara penyelesaian, korupsi dan kemiskinan akan bertambah banyak andai mantan Pangkostrad itu terpilih menjadi presiden.

Selain itu, Misbakhun mengaku belum menemukan hal-hal besar yang dilakukan Prabowo yang ingin dilakukan secara nyata di bidang ekonomi. 

“Padahal Pak Prabowo adalah bagian dari elite Indonesia. Ataukah Pak Prabowo mau mengatakan bahwa dia juga bagian dari orang yang membodohi rakyat Indonesia,“ pungkas Misbakhun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper