Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Mendiang Winnie Madikizela-Mandela, Mantan Istri Nelson Mandela

Mantan istri tokoh anti-apartheid Nelson Mandela, Winnie Madikizela-Mandela, meninggal pada hari Senin (2/4/2018) di usianya yang ke-81.
Winnie Madikizela-Mandela/
Winnie Madikizela-Mandela/

Bisnis.com, JAKARTA -  Mantan istri tokoh anti-apartheid Nelson Mandela, Winnie Madikizela-Mandela, meninggal pada hari Senin (2/4/2018) di usianya yang ke-81.

Dipuji sebagai ibu dari Afrika 'baru' di Afrika Selatan, warisan Winnie Madikizela-Mandela sebagai pahlawan anti-apartheid gagal ketika ia dinyatakan sebagai seorang ideolog kejam yang siap mengorbankan hukum dan hidup dalam upaya revolusi dan pemulihan.

Dikutip CNBC, metodenya yang tanpa kompromi dan penolakan untuk memberi maaf sangat kontras dengan rekonsiliasi yang diemban oleh suaminya, Nelson Mandela, ketika ia berupaya membentuk demokrasi yang stabil dan majemuk dari divisi rasial dan penindasan apartheid.

Kontradiksi tersebut akhirnya mengakhiri pernikahan keduanya dan menghancurkan penghargaan di mana ia ditahan oleh banyak orang Afrika Selatan, meskipun aktivis ini mempertahankan dukungan nasionalis kulit hitam radikal sampai akhir.

Dalam usia senja, Madikizela-Mandela telah sering lari dari otoritas yang semakin mengikis reputasinya sebagai pejuang melawan rezim minoritas kulit putih yang menjalankan negara dengan ekonomi paling maju di Afrika dari tahun 1948 hingga 1994.

Selama 27 tahun penahanan suaminya, Madikizela-Mandela berkampanye tanpa kenal lelah untuk pembebasannya dan untuk hak-hak orang kulit hitam Afrika, menderita bertahun-tahun dalam penahanan, serta mengalami pengusiran dan penangkapan oleh pihak berwenang kulit putih.

Kisah Mendiang Winnie Madikizela-Mandela, Mantan Istri Nelson Mandela

Dia tetap teguh, muncul dengan penuh kemenangan dengan kekuatan kulit hitam saat dia berjalan bergandengan tangan dengan Mandela keluar dari penjara Victor Vester Cape Town pada 11 Februari 1990.

Sebagai pasangan suami istri, itu adalah momen penobatan yang memimpin akhir masa dominasi kulit putih ketika Mandela menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan.

'Sangat salah'

Tetapi bagi Madikizela-Mandela, berakhirnya apartheid menandai dimulainya serangkaian masalah hukum dan politik yang, disertai dengan kisah-kisah kehidupan glamornya, membuatnya menjadi sorotan untuk semua alasan yang salah.

Ketika bukti-bukti muncul pada tahun-tahun terakhir apartheid dari kebrutalan para pendukung Soweto, "Klub Sepakbola Mandela United", ucapannya beralih dari "Bunda Bangsa" menjadi "Perampok".

Disalahkan atas pembunuhan aktivis Stompie Seipei, yang ditemukan di dekat rumahnya di Soweto luka di lehernya, ia dinyatakan bersalah pada tahun 1991 atas penculikan dan penyerangan anak berusia 14 tahun karena ia dicurigai sebagai informan.

Ia kemudian dihukum penjara enam tahun, yang lalu dikurangi saat mengajukan banding denda.

Kisah Mendiang Winnie Madikizela-Mandela, Mantan Istri Nelson Mandela

Dia dan Mandela berpisah pada tahun 1992 dan reputasinya menurun lebih jauh ketika Mandela memecatnya dari kabinetnya pada tahun 1995 setelah tuduhan korupsi. Pasangan itu bercerai setahun kemudian, setelah itu ia menggunakan nama keluarga Madikizela-Mandela.

Madikizela-Mandela kemudian muncul di Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (TRC) yang dibentuk untuk mengungkap kekejaman yang dilakukan oleh kedua pihak dalam perjuangan anti-apartheid. Di sana, Madikizela-Mandela menolak untuk menunjukkan penyesalan atas penculikan dan pembunuhan yang dilakukan atas namanya.

Hanya setelah memohon dari ketua TRC, Uskup Agung Desmond Tutu, dia mengakui dengan enggan bahwa "segala sesuatunya berjalan dengan salah". Dalam laporan akhirnya, TRC memutuskan bahwa Madikizela-Mandela bertanggung jawab secara politik dan moral atas pelanggaran berat hak asasi manusia yang dilakukan oleh MUFC".

Empat tahun kemudian, dia kembali ke pengadilan, menghadapi tuduhan penipuan dan pencurian terkait dengan skema pinjaman bank yang rumit.

'Aku tidak merasa bersalah'

Di dukungan publik Madikizela-Mandela menurun drastis, hubungannya dengan partai yang dicintainya menjadi makin sulit. Dia dianggap pembuat onar, tiba terlambat dalam unjuk rasa dan melawan rekan-rekannya, termasuk Thabo Mbeki, penerus Mandela sebagai presiden.

Pada tahun 2001, sebuah kamera televisi menangkap Mbeki mencopot topi Madikizela-Mandela setelah ia terlambat satu jam dalam unjuk rasa untuk memperingati pemberontakan anti-apartheid tahun 1976 oleh anak-anak sekolah dan murid Soweto.

Bertahun-tahun kemudian, dia berselisih dengan presiden berikutnya, Jacob Zuma, menjadi pelindung politik pemimpin pemuda ANC, Julius Malema, yang mundur dari gerakan yang telah berusia seabad tersebut dan mendirikan partai politik ultra-kiri sendiri.

Mengkonfirmasi dukungannya terhadap Malema dan seruannya untuk menyita pertanian dan bank milik orang kulit putih, Madikizela-Mandela mengungkapkan kebenciannya pada 2010 atas kesepakatan mantan suaminya dengan minoritas kulit putih Afrika Selatan hampir dua dekade sebelumnya.

Kisah Mendiang Winnie Madikizela-Mandela, Mantan Istri Nelson Mandela

Dalam sebuah wawancara surat kabar London, dia menyerang Mandela, yang meninggal pada Desember 2013, mengatakan dia telah menjadi lunak di penjara.

"Mandela memang masuk penjara dan dia masuk ke sana sebagai seorang revolusioner muda. Tapi lihat saat dia keluar," katanya, seperti dikutip CNBC. "Mandela mengecewakan kita. Dia setuju dengan kesepakatan buruk dengan orang kulit hitam."

Dia juga menolak Tutu, titik tumpu moral Afrika Selatan pasca-apartheid, sebagai "kretin" dan menggagalkan upaya penyembuhan nasional serta menganggapnya sebagai "sirkus agama".

"Saya memberi tahu dia beberapa kebenaran. Saya mengatakan kepadanya bahwa dia dan rekan kretinnya yang berpikiran sama hanya duduk di sini karena perjuangan kami dan saya, karena hal-hal yang saya dan orang-orang seperti saya lakukan untuk mendapatkan kebebasan," katanya. .

"Saya tidak menyesal. Saya tidak akan pernah menyesal," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper