Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap, Asal-Usul Emas di Alam Semesta

Asal-usul emas di alam semesta akhirnya dikonfirmasi, setelah sebuah sumber gelombang gravitasi terlihat dan terdengar untuk pertama kalinya oleh sebuah kolaborasi peneliti internasional, para astronom di University of Warwick memainkan peran utama, sebagaimana dilaporkan situs Phys.org kemarin.
Emas batangan/Reuters
Emas batangan/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Asal-usul emas di alam semesta akhirnya dikonfirmasi, setelah sebuah sumber gelombang gravitasi terlihat dan terdengar untuk pertama kalinya oleh sebuah kolaborasi peneliti internasional, para astronom di University of Warwick memainkan peran utama, sebagaimana dilaporkan situs Phys.org kemarin.

Anggota Grup Astronomi dan Astrofisika Warwick, Profesor Andrew Levan, Dr Joe Lyman, Dr Sam Oates dan Dr Danny Steeghs, melakukan pengamatan yang menangkap cahaya dua bintang neutron bertabrakan, tak lama setelah terdeteksi melalui gelombang gravitasi.

Sejumlah besar emas, platinum, uranium dan elemen berat lainnya diciptakan dalam tabrakan sisa bintang kompak ini, dan dipompa keluar ke alam semesta. Hal ini membuka misteri tentang bagaimana emas di cincin kawin dan perhiasan pada awalnya terbentuk.

Tabrakan itu menghasilkan emas sebanyak massa Bumi. Penemuan ini juga menegaskan secara meyakinkan bahwa semburan sinar gamma pendek secara langsung disebabkan oleh penggabungan dua bintang neutron.

Bintang neutron sangat padat - sama beratnya dengan Matahari kita yang hanya berjarak 10 kilometer - dan mereka bertabrakan satu sama lain 130 juta tahun yang lalu, ketika dinosaurus berkeliaran di Bumi, di sebuah galaksi yang relatif tua yang tidak lagi membentuk banyak bintang.

Mereka saling menarik selama jutaan tahun cahaya, dan saling berputar satu sama lain semakin cepat saat mereka mendekat, yang akhirnya berputar satu sama lain lima ratus kali per detik.

Penggabungan mereka mengirim riak-riak melalui ruang dan waktu, dan riak-riak ini adalah gelombang gravitasi yang sukar dipahami yang ditemukan oleh para astronom.

Gelombang gravitasi itu dideteksi oleh Advanced Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (Adv-LIGO) pada tanggal 17 Agustus tahun ini, dengan ledakan sinar gamma berdurasi pendek yang terdeteksi oleh satelit Fermi hanya dua detik kemudian.

"Pengamatan indah yang diperoleh dalam beberapa hari menunjukkan bahwa kami mengamati kilonova, sebuah benda yang cahayanya didukung oleh reaksi nuklir yang ekstrem. Ini memberitahu kita bahwa unsur-unsur berat, seperti emas atau platinum dalam perhiasan adalah bara api, ditempa dalam miliaran derajat sisa-sisa bintang neutron yang bergabung," ujar Dr Joe Lyman.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper