Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dijual Rp12 Juta, Robot Hana-chan Khusus untuk Mengendus Kaki

Problem bau kaki telah mendorong terciptanya robot unik. Sebuah start-up dari Jepang menawarkan robot anjing yang akan mengendus kaki dan memberikan jawaban jujur soal tingkat baunya. Robot itu bahkan bisa pingsan bila bau kaki yang diendusnya terlalu menyengat.
Robot Hana-chan/japan times
Robot Hana-chan/japan times

Kabar24.com, JAKARTA - Problem bau kaki telah mendorong terciptanya robot unik. Sebuah start-up dari Jepang menawarkan robot anjing yang akan mengendus kaki dan memberikan jawaban jujur soal tingkat baunya. Robot itu bahkan bisa pingsan bila bau kaki yang diendusnya terlalu menyengat.

Bau kaus kaki memang jadi hal sensitif di Jepang. Di sana orang-orang membuka alas kaki saat masuk ke rumah. Karena itu, robot ini pun berpeluang mendapat sambutan pasar.

Robot itu diberi nama Hana-chan. Ini adalah permainan kata dari "hana" bahasa Jepang untuk "hidung" yang juga jadi nama lazim dari perempuan Jepang. Robot kecil itu akan menggonggong bila ia mendeteksi bau, namun bila baunya sangat parah si robot akan tersungkur.

Robot anjing sepanjang 15 cm itu dilengkapi dengan sensor deteksi bau di hidungnya, juga bisa menyemprotkan pengharum udara untuk memperbaiki situasi bila aroma kaki sangat menyengant.

Mengutip AFP, Next Technology membuat robot ini sebagai respons dari permintaan seorang pria yang sangat penasaran apakah kakinya bau.

"Dia mengatakan pada kami bahwa putrinya bilang kakinya bau... Tapi dia tidah mau tahu seberapa parh baunya karena itu hanya membuatnya terluka," kata pegawai Next Technology, Kimika Tsuji. "Itulah mengapa kami membuat robot imut ini."

Robot itu rencananya dijual awal tahun depan dengan harga lebih dari 100.000 yen atau Rp12 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper