Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Unair Bikin Sabun Cuci Tangan dari Biji Pepaya

Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) berhasil memproduksi sabun cuci tangan berbahan biji pepaya untuk mencegah diare.
Sabun cuci tangan dari biji pepaya mencegah diare./Istimewa
Sabun cuci tangan dari biji pepaya mencegah diare./Istimewa

Kabar24.com, MALANG -- Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) berhasil memproduksi sabun cuci tangan berbahan biji pepaya untuk mencegah diare.

Azizah T.W, Ketua Progam Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan (PKMK), menyatakan penyakit diare masih menjadi masalah global, terutama di negara berkembang.

“Berdasarkan data yang kami peroleh dari Ditjen Bina Upaya Kesehatan dalam Pusdatin Kemenkes 2011, penyakit diare menjadi kasus penyakit terbanyak di berbagai rumah sakit di Indonesia pada tahun 2010 lalu,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (7/7/2017).

Melalui PKM, kelompok mahasiswa Universitas Airlangga yang diketuai oleh Azizah T.W (2014) dengan anggotanya Yossy Kartikasari (2014), Fitri W (2014), Ade Puspita (2014), dan Adelia (2015) berhasil membuat inovasi berupa Sabun Cuci Tangan Biji Pepaya untuk Mencegah Infeksi Diare Escherichia coli: “CARIPA”.

CARIPA merupakan terobosan baru dengan memanfaatkan limbah biji pepaya menjadi barang berguna sebagai bahan aktif sabun cair mampu. Sabun ini diharapkan mampu menekan merebaknya penyakit diare yang menyerang anak-anak dan orang dewasa.

“Ide ini muncul ketika tim kami melihat begitu besar potensi kandungan bahan aktif dalam biji pepaya dalam menghambat atau pun mematikan dari bakteri escherichia coli. Escherichia coli menjadi salah satu bakteri yang paling sering menyebabkan diare,” ujarnya.

Membiasakan menjaga kebersihan lingkungan, terutama kebersihan tangan menggunakan sabun cuci tangan CARIPA sebelum makan, sesudah aktivitas di luar, maupun setelah buang air besar, diharapkan dapat menekan penyakit diare. Hal ini sesuai hasil uji coba yang dilakukan tim.

“Saya dan tim memberikan tambahan aroma wangi yang khas pada CARIPA, sehingga harapan kami dapat menjadi daya tarik tersendiri agar masyarakat dapat membiasakan diri dengan mencuci tangan menggunakan CARIPA,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper