Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Kanada Justin Trudeau Berdarah Indonesia, Ini 3 Kota Tempat Tinggal Leluhurnya

Saat ini, mungkin Perdana Menteri Kanada Justin Pierre James Trudeau menjadi salah
PM Kanada Justin Trudeau/self.com
PM Kanada Justin Trudeau/self.com

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini, mungkin Perdana Menteri Kanada Justin Pierre James Trudeau menjadi salah satu Perdana Menteri yang paling dikenal di dunia.

Bukan hanya tercatat sebagai salah satu PM termuda di Kanada, namun juga ketampanan wajahnya sering dipuji, dan membuat namanya cepat populer, termasuk di Indonesia.

Meski belum pernah menginjakkan kaki ke Indonesia, Justin justru memiliki kedekatan dengan tanah air, karena kabar adanya darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya. Trudeau yang lahir di Ottawa, Ontario pada 25 Desember 1971 ini juga memiliki darah Perancis Kanada, Skotlandia dan Inggris.

Berdarah Indonesia

PM Kanada Justin Trudeau Berdarah Indonesia, Ini 3 Kota Tempat Tinggal Leluhurnya

Berdasarkan situs find a grave, Nenek moyang sulung dari pasangan Pierre Trudeau dan Margaret Trudeau ini adalah orang Indonesia. Meski terbilang cukup jauh, namun kebanyakan nenek moyang Trudeau justru tinggal lama di Indonesia. Tercatat tiga kota di Indonesia pernah menjadi tempat tinggal keturunan Trudeau yakni di Padang, Makasar, dan Jakarta. Dari tiga kota besar di tanah air itu, kebanyakan dari mereka lebih lama mendiami kota Padang hingga akhir hayatnya.

Silsilah darah Indonesia dimulai dari buyut ke enamnya John Carels, yang merupakan seorang kolonialis Belanda yang tinggal di Padang dan menikahi perempuan Indonesia, yang diduga asal Padang Sumbar. Hingga buyut ke empatnya, keturunan Trudeau tinggal dan meninggal dunia di Padang. Kota Jakarta baru ditempati leluhurnya pada buyut ke tiga dan ke duanya. Sedangkan buyut pertamanya Thomas Kirkpatrick Bernard lahir di Makassar, dan akhirnya pindah ke Penticton Kanada hingga meninggal dunia di sana.

Thomas Kirkpatrick Bernard yang menikah dengan Rose Edith Ivan Bernard di Kanada inilah yang melahirkan nenak dari Trudeau yakni Doris Kathleen Bernard, yang menikah dengan James Sinclair dan memiliki puteri bernama Margareth Joan Sinclair, ibu dari Justin Trudeau yang menikah dengan Pierre Trudeau Perdana Menteri Kanada ke 15. Melihat silsilah keluarga Trudeau, justru keturunan Trudeau baru menetap di Kanada atau di luar Indonesia pada keturunan ketiga klan Trudeau.

Apalagi, jika buyut ke enamnya terbukti perempuan kelahiran Padang Sumatera Barat, maka secara adat garis keturunan dan darah Indonesia Trudeau sangat kental. Seperti yang kita ketahui, suku Minangkabau atau Padang di Sumbar menganut adat Matrilineal dimana suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu. Kata ini seringkali disamakan dengan matriarkhat atau matriarkhi, meskipun pada dasarnya artinya berbeda. Matrilineal berasal dari dua kata bahasa Latin, yaitu mater yang berarti ibu, dan linea yang berarti garis.

Matrilineal berasal dari dua kata bahasa Latin, yaitu mater yang berarti ibu, dan linea yang berarti garis. Jadi, matrilineal berarti mengikuti garis keturunan yang ditarik dari pihak ibu. Sementara itu matriarkhat berasal dari dua kata bahasa Yunani, yaitu mater yang berarti ibu, dan archein yang berarti memerintah. Jadi, matriarkhi berarti kekuasaan berada di tangan ibu atau pihak perempuan.

Penganut adat matrilineal di Indonesia sendiri hanya dianut oleh suku Minangkabau di Sumbar. Selain di Indonesia, adat Matrilineal juga dipegang oleh suku Indian di Apache Barat, suku Khasi di Meghalaya, India Timur Laut, suku Nakhi di provinsi Sichuan dan Yunnan, Tiongkok, penduduk asli Amerika Serikat: Suku Navajo, sebagian besar suku Pueblo, suku Crow, dan beberapa sukukecil di kepulauan Asia Pasifik

Meski memiliki kedekatan dengan Indonesia, Trudeau belum pernah singgah atau menginjakkan kaki di tanah kelahiran leluhurnya. Bahkan, rencana Trudeau mengunjungi Indonesia tahun lalu, tampaknya rencana itu masih belum bisa terlaksana hingga saat ini

Kehidupan politik

PM Kanada Justin Trudeau Berdarah Indonesia, Ini 3 Kota Tempat Tinggal Leluhurnya

Dunia politik sudah kental ada dalam keturunan Trudeau. Sang nenek, Doris Kathleen Bernard adalah politisi di Kanada yang menikah dengan James Sinclair yang juga seorang politisi sekaligus pengusaha.

Sedangkan jabatan dia sebagai PM Kanada juga sempat dijalani sang ayah Pierre Trudeau yang merupakan PM Kanada ke 15, dan sang ibu Margaret Joan Sinclair juga aktif aktivias, selain sebagai penulis dan artis.

Kakek Trudeau dari sisi ibu yang berdarah Skotlandia, James Sinclair, pernah menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan Kanada dalam kabinet Perdana Menteri Louis St. Laurent.

Munculnya Trudeau di dunia politik dimulai pada bulan Oktober 2000, ketika Trudeau berusia ke-28, dia muncul sebagai tokoh penting setelah menyampaikan eulogi dalam upacara kematian ayahnya.

Uniknya, Trudeau muda tidak pernah spesifik mempelajari politik secara akademik. Dia berlatar pendidikan bachelor of arts dalam bidang sastra dari McGill University dan gelar Sarjana Pendidikan dari University of British Columbia. Sebelum terjun ke dunia politik, dia pernah bekerja sebagai pengajar ilmu sosial dan bahasa Perancis di West Point Grey Academy dan Sir Winston Churchill Secondary School di Vancouver, British Columbia.

Kemudian, sejak 2002 hingga 2004, ia mempelajari ilmu teknik di Université de Montréal. Ia juga sempat mengikuti pendidikan untuk meraih Master of Arts dalam bidang geografi lingkungan di McGill University, sebelum akhirnya berhenti dari pendidikannya untuk berkarier di ranah publik.

Delapan tahun setelah kematian ayahnya, Trudeau masuk politik. Dalam pemilihan federal 2008, ia terpilih untuk mewakili naik Papineau di House of Commons. Pada tahun 2009, ia diangkat sebagai kritikus Partai Liberal untuk pemuda dan multikulturalisme, dan tahun berikutnya, menjadi kritikus untuk kewarganegaraan dan imigrasi.

Pada tahun 2011, ia diangkat sebagai kritikus untuk pendidikan menengah dan pemuda dan olahraga amatir. Trudeau memenangkan kepemimpinan Partai Liberal pada April 2013 dan melanjutkan untuk memimpin partainya untuk kemenangan dalam pemilihan federal 2015, yang mendongkrak posisi Liberal dari 36 kursi menjadi 184 kursi, yang  tercatat sebagai peningkatan terbesar yang pernah terjadi dalam pemilu Kanada.

Setelah kematian ayahnya, Trudeau menjadi lebih terlibat dengan Partai Liberal pada tahun 2000-an. Justin Trudeau memenangkan pemilu pada Oktober 2015 lalu, dan menjadi pemimpin baru negara tersebut, mengalahkan Stephen Harper yang telah menjabat perdana menteri selama sembilan tahun.

Hasil yang diberikan oleh komisi pemilihan Kanada menunjukkan Partai Liberal memenangkan 184 dari 338 kursi di Parlemen, dibandingkan dengan 99 kursi yang dimenangkan oleh Partai Konservatif pimpinan Perdana Menteri Stephen Harper. Partai berhaluan kiri Demokrat Baru, yang pernah dianggap memimpin dalam 11 minggu pertama kampanye, menempati nomor ketiga dengan 44 kursi.

Family man

PM Kanada Justin Trudeau Berdarah Indonesia, Ini 3 Kota Tempat Tinggal Leluhurnya

Trudeau menikah dengan perempuan bernama Sophie Grégoire pada 28 Mei 2008 lalu. Keduanya adalah teman masa kecil saat sama-sama tinggal di Montreal, sempat bertetangga dan juga sekelas Namun, kedekatan mereka baru terjadi pada Juni 2003, di Montreal Grand Prix charity ball di mana mereka menjadi co-host

acara. Mereka mulai berpacaran beberapa bulan kemudian, dan bertunangan pada Oktober 2004 Saat ini mereka dikaruniai tiga orang anak yakni Xavier James, Ella-Grace Margaret, dan Hadrien Grégoire Kehidupan sederhana juga dijalani keluarga ini. Pada Juni 2013, setelah Trudeau menjadi pimpinan di Partai Liberal, pasangan itu memutuskan menjual rumah mereka di Côte-des-Neiges Montreal, dan menyewa rumah di Rockcliffe Park

Cerita buruk pernah mereka alami ketika tinggal di rumah itu saat seorang penyusup masuk ke dalam rumah, ketika mereka tengah tidur dan meninggalkan catatan ancaman

Demi keamanan keluarganya, mereka memutuskan pindah sementara ke Rideau Cottage, yang berada di Rideau Hall, sebelum merampungkan rumah tinggal yang baru yang berada di Sussex

Sedikit yang tahu jika politisi 45 tahun ini memiliki tato besar di pundak kirinya. Gambar tato tersebut berupa planet bumi di dalam dalam burung gagak Haida. Kedua tato ini dibuat terpisah. Tato bola dunia dibuat ketika dia berumur 23 tahun. Sedangkan tambahan gambar burung gagak torehan Robert Davidson dibuat ketika ulang tahunnya yang ke-40.

Di luar kegiatan politiknya, Trudeau terhitung sebagai family man. Keluarganya pula lah yang selama ini mendukung karir politiknya Trudeau adalah tipe pria yang suka menghabiskan waktu bersama keluarganya. Nyaris semua kegiatan, dia juga seringkali mengajak keluarga terutama istrinya.

Trudeau juga suka mengajak keluarga kecilnya itu liburan pribadi. Salah satu liburan mereka yang sempat dikritik adalah saat mengunjungi di sebuah pulau di Karibia milik Kelurga Aga Khan menggunakan jet pribadi saat merayakan tahun baru

Sejumlah oposisi dan kritikus menganggap Trudeau melanggar kode etik lantaran Ottawa membantu pendanaan yayasan yang dibentuk Aga Khan.

Selain itu, Trudeau juga dianggap tidak peka karena negaranya sedang dilanda masalah ekonomi. Juga, disebutkan perjalanan itu mengeluarkan biaya yang cukup fantastis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper