Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI RAYA NYEPI, Tol Bali Mandara Ditutup 32 Jam

Satu-satunya jalan tol di Pulau Bali, yakni Tol Bali Mandara akan ditutup selama 32 jam.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, DENPASAR--Satu-satunya jalan tol di Pulau Bali, yakni Tol Bali Mandara akan ditutup selama 32 jam, untuk menghormati perayaan Hari Raya Nyepi.

Penutupan akan berlangsung mulai Senin (27/3/2017) pukul 23.00 Wita. Tol dibuka kembali pada Rabu (29/3/2017) pukul 07.00 Wita.‎

Dirut PT Jasamarga Bali Tol Akhmad Tito Karim menuturkan penutupan tersebut selalu dilakukan setiap tahun untuk menghormati perayaan Hari Raya Nyepi.

Dia menegaskan untuk menjaga keamanan di jalan tol selama penutupan, pihaknya bekerjasama dengan tiga desa adat lokasi pintu tol berada.

"Ini hal yang biasa penutupan dan bentuk penghormatan terhadap kearifan lokal," tuturnya, Kamis (23/3/2017).

Jasamarga Bali Tol tidak mempersoalkan potensi kerugian senilai Rp400 juta selama penutupan berlangsung. Setiap hari, jalan tol sepanjang sekitar 12 km ini dilintasi sekitar 50.000 unit kendaraan bermotor, terdiri dari 54% roda empat dan 44% roda dua. Adapun penghasilan pengelola selama 24 jam mencapai Rp300 juta.

Selain menutup selama Nyepi berlangsung, Jasamarga Bali Tol juga meminta permakluman terhadap pengguna kendaraan bermotor. Sebab, pada Minggu (26/3/2017), pengelola bakal menutup jalan akses Pelabuhan Benoa yang menuju pintu tol.

Penutupan berlangsung mulai pukul 06.00-14.00 Wita guna memberikan kesempatan bagi masyarakat sekitar melakukan upacara Melasti. Akses yang ditutup mulai dari depo Pertamina hingga Warung Akame.

"Kami mohon permakluman pasti akan macet, karena akses yang tadinya dua jalur menjadi hanya satu jalur," ujar Kepala Divisi Operasi Jasamarga Tol Bali Ahmad Izzi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper