Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airlander, Wahana Udara Terpanjang Di Dunia Mengudara

Penerbangan perdana wahana udara terpanjang di dunia telah dimulai setelah upaya sebelumnya dibatalkan pada menit terakhir.
Airlander 10./REUTERS
Airlander 10./REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Penerbangan perdana wahana udara terpanjang di dunia telah dimulai setelah upaya sebelumnya dibatalkan pada menit terakhir.

Airlander 10, yang merupakan separuh pesawat terbang dan separuh kapal udara, akhirnya lepas landas dari Cardington Airfield di Bedfordshire, Inggris pada Rabu waktu setempat atau 01:40 hari ini, Kamis (18/8/2016).

Penerbangan percobaan itu awalnya dijadwalkan pada hari Minggu lalu, namun ditunda karena masih perlu persiapan teknis.

Pesawat senilai £25 juta atau sekitar Rp430 miliar itu memiliki panjang 92 meter atau atau 15 meter lebih panjang dari jet penumpang terbesar, Airbus A380.

Rencana uji terbang hari Minggu dibatalkan karena 'masalah teknis' yang tidak bisa diselesaikan pada waktunya untuk penerbangan siang hari. Padahal, padahal pesawat itu tidak diperbolehkan untuk terbang di malam hari selama tahap pengujian.

Pesawat tersebut awalnya dikembangkan oleh pemerintah AS sebagai pesawat pengintai, namun kemudian dibekukan tekait pemangkasan anggaran.

Pada Mei 2015, perusahaan Inggris Hybrid Air Vehicles (HAV) meluncurkan kampanye untuk mengembangkan lagi Airlander 10 sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Rabu (18/8/2016) .

Dalam penerbangan yang seharusnya, wahana angkasa raksasa ini akan bisa tetap berada di udara selama lima hari.

HAV mengatakan, pesawat itu bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti pengintaian, komunikasi, pengiriman bantuan, bahkan penerbangan penumpang.

Perusahaan itu menjadwalkan pembuatan 10 Airlander per tahun sebelum 2021.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper