Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Menteri Jokowi yang Datang ke Solo saat Gibran Jadi Wali Kota

Rocky Gerung dalam sebuah acara televisi pernah mengungkap mengenai adanya menteri-menteri kabinet Joko Widodo alias Jokowi yang datang ke Solo.
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Angkringan Omah Semar Solo pada Jumat (19/20/2023) malam./Instagram @prabowo
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Angkringan Omah Semar Solo pada Jumat (19/20/2023) malam./Instagram @prabowo

Bisnis.com, JAKARTA - Akademisi Rocky Gerung dalam sebuah acara televisi pernah mengungkap mengenai adanya menteri-menteri kabinet Joko Widodo alias Jokowi yang datang ke Solo ketika Gibran menjabat sebagai Wali Kota. 

Sayangnya, Rocky tidak menjelaskan secara spesifik siapa saja menteri yang 'sowan' Gibran pada waktu itu. Isu ini berubah liar karena keluarga Jokowi sedang menjadi bahan sorotan publik karena gaya hidup Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono.

Kendati demikian, tidak semua menteri yang datang ke Solo untuk menemui Gibran. Para menteri ada yang datang karena mengurus pekerjaan mulai dari soal pariwisata hingga insfrastruktur.

Bisnis telah merangkum nama sejumlah menteri kabinet Jokowi yang berkunjung ke Solo selama Gibran menjabat sebagai pucuk tertinggi kekuasaan eksekutif di Kota Bengawan tersebut.

Berikut daftarnya: 

Prabowo Subianto:

Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih, Prabowo Subianto adalah salah satu menteri yang sering berkunjung ke Solo. Prabowo bahkan pernah berkunjung ke kediaman Jokowi pada lebaran tahun 2023 lalu.

Prabowo juga telah secara terbuka mengaku sering mengunjungi Solo. Pernyataan ini disampaikan setelah memberikan laporan hasil kunjungan kerja (kunker)-nya saat menghadiri pameran kedirgantaraan Paris Air Show 2023 di Le Bourget, utara Paris, Prancis, Rabu (21/6/2023).

Salah satu kunjungannya ke Solo terjadi pada 22 April 2023, saat Prabowo mengunjungi Jokowi di tengah perayaan Idulfitri. Saat proses penjajakan Pilpres 2024, Prabowo bahkan terekam bertemu dengan Gibran Rakabuming Raka.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, juga menjadi menteri yang sering datang ke Solo. Dia salah satunya meninjau pembangunan Tol Yogyakarta-Solo. Pada 27 Februari 2023, Basuki bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Jawa Tengah saat itu, Ganjar Pranowo, serta Wali Kota Solo, Gibran, meninjau proyek Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo.

Sebelumnya, pada Januari 2022, Basuki meresmikan bangunan baru Pasar Legi Solo bersama Ketua DPR RI, Puan Maharani, dan pada Juni 2021 ia juga meninjau proyek pintu air Demangan di Kampung Sewu.

Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, tercatat sering menghadiri acara di Solo, termasuk Solo Menari 2022 hingga 2024.

Adapun, Solo Menari 2024 masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di Solo. Pada 7 Agustus 2022, Erick berolahraga bersama Presiden Jokowi dan Gubernur Ganjar Pranowo di Solo Car Free Day. 

Erick juga menilai Stadion Manahan Solo siap menjadi venue Piala Dunia U-20 2023. Ia  berkunjung ke Stadion Sriwedari, Solo pada 23 Juli 2023 kala PSSI menggelar seleksi pemain Timnas Indonesia U-17. Ia juga turut hadir dalam Industry Summit di Solo Techno Park pada 31 Oktober 2023.

Budi Gunadi Sadikin

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga melakukan kunjungan beberapa kali ke Solo. Contohnya seperti melakukan kunjungan kegiatan vaksinasi di Keraton Surakarta di Solo pada 29 September 2021.

Budi juga mendapatkan Kekancingan (gelar kebangsawanan) dari Keraton Kasunanan Surakarta di hari yang sama. 

Luhut Binsar Pandjaitan 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga pernah berkunjung ke Solo bersama dengan Menkes Budi pada 5 Agustus 2021, untuk  memastikan isolasi terpusat dan vaksinasi di Solo Raya berjalan lancar.

Airlangga Hartarto

Beberapa menteri lainnya juga pernah berkunjung ke Solo. Contohnya saja, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang berkunjung untuk meresmikan Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark di Surakarta pada 6 Februari 2023, bersama Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

Eks Mentan SYL

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo juga melakukan kunjungan kerja ke Kantor Walikota Solo pada 30 Juli 2021 bersama dengan jajaran dan Direktur Utama PT Pertani (Persero) Maryono untuk berdiskusi soal potensi urban farming. Kunjungannya disambut oleh Gibran. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper