Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Balik Mundurnya Gusti Bhre & Sekar Tandjung di Pilkada Solo, Siapa Bermanuver?

Gusti Bhre atau Mangkunegara X dan Sekar Tandjung memutuskan untuk mundur dari pencalonan di Pilkada Solo.
Ketua DPD II Partai Golkar Kota Solo, Sekar Krisnauli Tandjung, memberikan keterangan kepada awak media/Dok.-Partai Golkar
Ketua DPD II Partai Golkar Kota Solo, Sekar Krisnauli Tandjung, memberikan keterangan kepada awak media/Dok.-Partai Golkar

Bisnis.com, JAKARTA -- Mangkunegara X atau Gusti Bhre Sudjiwo dan Putri Sekar Tandjung mundur dari pencalonannya di Pemilihan Wali Kota atau Pilwalkot Solo. Mundurnya dua tokoh muda itu memicu tanda tanya besar apalagi partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju alias KIM Plus telah siap mendukung di Pilkada 2024.

Selain itu, Mangkunegara X juga sangat gencar melakukan sosialisasi politik. Ia tampak beberapa kali blusukan ke berbagai tempat, salah satunya ditemani oleh putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Gibran.

"Informasi ini memang cukup akrobatik, secepat itu. Kemarin hari Selasa kumpul partai mengumumkan bahwa Gusti Bhre mundur," ujar Sekretaris DPD Partai Golkar Solo Taufiqurahman dilansir dari Antara, Rabu (28/8/2024).

Taufiq tidak menjelaskan secara perinci alasan mundurnya Bhre dari pencalonan. Ia hanya mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahuinya secara pasti.

Meski demikian, ia memperkirakan pertimbangannya dari sisi keluarga." Alasan pribadi, keluarga. Lebih tepatnya langsung tanya Gusti Bhre saja," katanya.

Sekar Tandjung Mundur 

Sementara itu, putri politisi senior Akbar Tanjung, Sekar Tanjung memilih mundur dari pencalonan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surakarta 2024.

"Saya Sekar Tandjung selaku Ketua Partai Golkar Surakarta dan bakal calon kepala daerah Kota Surakarta dari Partai Golkar memutuskan untuk mundur sebagai bakal calon kepala daerah Kota Surakarta dari Partai Golkar Solo untuk pilkada 2024," katanya di Solo.

Ia mengatakan keputusan tersebut diambil usai melalui pertimbangan matang dan koordinasi dengan partai.

"Keputusan ini bukan sesuatu yang saya ambil secara sepihak dan mudah. Khususnya bagi partai, simpatisan, tim yang kerja keras, keputusan ini saya ambil atas dasar loyalitas terhadap Partai Golkar," katanya.

Ia mengatakan setelah menerima arahan langsung dari Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia dan DPP, Partai Golkar bersama-sama dengan partai politik lain yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus mendukung pasangan calon kepala daerah yang dianggap paling sesuai untuk KIM Plus.

"Kami mematuhi dawuh (perintah) pimpinan dan keputusan DPP," katanya.

Belum Berkomentar

Hingga Senin (26/8/2024) lalu, Mangkunegara X (Gusti Bhre) belum mau banyak berkomentar tentang pendaftarannya sebagai calon Wali Kota Solo yang baru.

"Tinggal beberapa hari lagi, jadi kita tunggu. Untuk masyarakat yang sudah memberikan doa dan harapan yang positif kepada kami, saya mengucapkan terima kasih," katanya seperti dilansir dari Antaranews.

Bukan rahasia lagi jika Gusti Bhre menjadi nama yang muncul sebagai calon potensial pengganti Gibran Rakabuming Raka di Solo.

Pada Maret 2024 lalu, survei Pemilihan Wali Kota Surakarta 2024 yang telah dilakukan mengerucut pada tiga nama yang dikehendaki oleh masyarakat untuk memimpin Solo, Jawa Tengah.

Pendiri Solo Raya Polling Suwardi, mengatakan bahwa tiga nama yang dimaksud adalah Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, Adipati Mangkunegara X, dan putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep.

Saat ini Gusti Bhre sudah cukup aktif blusukan ke tengah masyarakat. Misalnya pada tanggal 16 Agustus lalu, Gusti Bhre beramah-tamah dengan warga Kerten.

Pada Pilkada 2024 ini, Gusti Bhre akan berpasangan dengan Astrid Widayani.

PSI mengawali pemberian surat rekomendasi pada 15 Agustus yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

Selanjutnya, pada tanggal 22 Agustus PAN juga menyerahkan surat rekomendasi untuk pasangan tersebut.

Kemarin, 25 Agustus 2024, pasangan Gusti Bhre-Astrid Widayani kembali menambah dukungan dari partai politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surakarta 2024. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper