Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Airin Rachmi, Cagub Banten yang Diusung PDIP setelah Ditinggal Golkar

Profil dan perjalanan karier Airin Rachmi Diany yang diusung PDIP untuk maju sebagai cagub Banten 2024.
Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi Hadir dalam Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah / Wakil Kepala Daerah PDIP di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024). JIBI/Jessica Gabriela Soehandoko
Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi Hadir dalam Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah / Wakil Kepala Daerah PDIP di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024). JIBI/Jessica Gabriela Soehandoko

Bisnis.com, JAKARTA - Airin Rachmi Diany resmi diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP) untuk maju menjadi calon gubernur di Pilkada Banten 2024.

"Dari Provinsi Banten, Ibu Airin Rachmi Diany tepuk tangan yang meriah, didampingi Ade Sumardi sebagai Ketua DPD PDIP Banten. Jadi Banten ini sudah bergelora, kemarin rakyat sudah mengukuhkan pasangan ini. Meskipun ada hambatan kiri kanan, tapi harus ada fighting spirit kata Bu Mega," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin siang (26/8/2024). 

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar menarik dukungan kepada Airin Rachmi Diany di Pemilihan Gubernur Banten 2024, dan mengikuti kesepakatan di Koalisi Indonesia Maju (KIM).  

Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah mengonfirmasi bahwa DPP Golkar menarik dukungan untuk Airin Rachmy Diani di Pilkada Banten. 

Dia mengatakan, pihaknya dan Airin telah melakukan pertemuan antara Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia, dan beberapa petinggi partai Golkar lainnya.

"Saya malam kemarin dengan Bu Airin ke Ketum Bahlil, ada Pak Sekjen dan disampaikan bahwa rekomendasi, dengan berat hati, dan mohon maaf enggak bisa diberikan ke Bu Airin, SK belum diterima dengan pernyataan itu. Kami selaku kader harus memahami dan Ketum sampaikan ini buat keselamatan Partai Golkar," ujar Ratu Tatu kepada wartawan di ICE BSD, Tangerang pada Minggu (25/8/2024).

Profil Airin Rachmi Diany

Airin Rachmi merupakan politikus Golkar yang saat ini diusung oleh PDIP untuk maju di Pilkada Banten 2024.

Ia akan didampingi oleh Ade Sumardi yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDIP Banten. Penyerahan rekomendasi kepada Airin-Ade dilakukan oleh Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah pada Minggu (25/8/2024).

Melansir dari p2k.stekom.ac.id, Airin pernah menjabat sebagai Wali Kota Tangerang Selatan periode 2011-2021.

Sebelum terjun di dunia politik, Airin pernah menjadi pemenang Mojang Parahyangan Bandung (1995) dan Mojang Provinsi Jawa Barat (1995).

Ia juga pernah mengikuti pemilihan Puteri Indonesia (1996) dan berhasil meraih gelar Puteri Indonesia Favorit serta Puteri Indonesia Pariwisata.

Dirinya kemudian mencalonkan diri sebagai ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI). Saat itu Namanya mulai banyak dikenal publik.

Pada 2011, ia resmi menjabat sebagai Walikota Tanggerang hingga 2016. Ia berhasil menduduki jabatan sebagai walikota setelah ia dan pasangannya berhasil memperoleh suara terbanyak yang mencapai 188.893 suara, mengalahkan pasangan lainnya, yakni pasangan Yayat Sudrajat-NorodomSukarno dengan 22.640 suara, dan pasangan Sulaeman Rodhiyah - Najibah Yasin sebanyak 183.778 suara, dan pasangan Andre Taulany- Arsid sebanyak 187.778 suara.

Airin merupakan Wali Kota Tangerang Selatan pertama sejak berdirinya kota Tangerang Selatan tahun 2008.

Pada kepemimpinan Airin, terjadi peningkatan IPM selama kepemimpinan Airin berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), yaitu di angka 76,99 tahun 2011, menjadi 81,36 di tahun 2020.

Karier dan Organisasi 

  • Wali Kota Tangerang Selatan (2011- 2021)
  • Ketua PMI Kota Tangerang Selatan ( 2009-Sekarang )
  • Dewan Pembina KNPI Kota Tangerang Selatan ( 2010-2013 )
  • Dewan Pembina Pramuka Kota Tangerang Selatan
  • Wakil Ketua KPAID Kota Tangerang Selatan
  • Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kota Tangerang Selatan
  • Penanggung Jawab Relawan Banten Bersatu (RBB) untuk Wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan
  • Ketua Dewan Penyantun Kaukus Perempuan Peduli Kesehatan Kota Tangerang Selatan
  • Pembina Forum Masyarakat Peduli Pendidikan dan Kesehatan Provinsi Banten
  • Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Provinsi Banten
  • Pengurus Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) Wilayah Banten
  • Pengurus Ikatan Alumni Notariat (IKANO) UNPAD Bidang Hubungan Antar Lembaga (2007-2011)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper