Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Didukung Golkar, Airin Berkaca-kaca Ucapkan Terima Kasih ke PDIP

Bakal Cagub Banten, Airin Rachmi Diany menyampaikan orasi dengan mata berkaca-kaca di hadapan para relawan usai tetap didukung PDIP walaupun ditinggalkan Golkar
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024, Minggu (25/8) - Bisnis/Rizqi Rajendra.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024, Minggu (25/8) - Bisnis/Rizqi Rajendra.

Bisnis.com, JAKARTA - Bakal calon gubernur alias bacagub Banten, Airin Rachmi Diany menyampaikan orasi dengan mata yang tampak berkaca-kaca di hadapan para relawan.

Bukan tanpa alasan, politisi Partai Golkar itu tidak mendapatkan dukungan dari partainya sendiri di konstestasi Pilkada 2024. Di lain sisi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) justru mendeklarasikan Airin sendirian, tanpa Golkar.

Airin pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) karena telah mendeklarasikan dukungan untuknya maju sebagai calon Gubernur Banten.

"Saya ucapkan terima kasih pada keluarga besar PDIP yang masih mempercayai saya, memberikan dukungan untuk mengikuti konstestasi Pilkada Banten pada 27 November 2024," ujar Airin sembari berkaca-kaca, saat berorasi di ICE BSD Tangerang, Minggu (25/8/2024).

Airin hanya mengungkapkan bahwa selama 2 tahun belakangan ini telah berjibaku untuk memenangkan Golkar di wilayah Banten. Dia juga mengakui banyak pihak yang gelisah perihal dirinya maju atau tidak di konstestasi Pilkada 2024.

"Saya tahu di ruangan ini banyak yang gelisah, khawatir, dan dilihat Allah yang tidak tidur. Dengan ujian yang saya rasakan betul, ada kemudahan. Kekuasaan adalah ujian, dan kita harus masuk dalam kekuasaan itu, dan ambil kekuasaan, karena dengan itu kita punya kewenangan untuk membuat Banten Maju Bersama," ujarnya.

Airin juga menyinggung suksesi di DPP Golkar dari Airlangga Hartarto ke Bahlil Lahadalia menjadi salah satu pemicunya. Namun demikian, Airin mengaku memahami keputusan yang diambil DPP Golkar. "Terima kasih keluarga kuning," singkat Airin.

Di lain sisi, PDIP telah resmi mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Airin Rachmi-Ade Sumardi.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi deklarasi tersebut yang bertempat di Hall 1 ICE BSD, Tangerang, Banten pada Minggu (25/8/2024), terpantau ribuan pendukung Airin-Ade tampak memadati lokasi deklarasi dan mengenakan pakaian bernuansa merah dan hitam.

Kader PDIP, sekaligus bakal calon wakil gubernur Banten, Ade Sumardi menjelaskan, surat rekomendasi atau B1 KWK akan diserahkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam waktu dekat.

"Terkait kapan diberikan B1 KWK nanti akan langsung diberikan oleh Ketua Umum Ibu Mega, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini," ujar Ade.

Golkar Tarik Dukungan

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar menarik dukungan kepada Airin Rachmi Diany di Pemilihan Gubernur Banten 2024, dan mengikuti kesepakatan di Koalisi Indonesia Maju (KIM).  

Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah mengonfirmasi bahwa DPP Golkar menarik dukungan untuk Airin Rachmy Diani di Pilkada Banten.

Dia mengatakan, pihaknya dan Airin telah melakukan pertemuan antara Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia, dan beberapa petinggi partai Golkar lainnya.

"Saya malam kemarin dengan Bu Airin ke Ketum Bahlil, ada Pak Sekjen dan disampaikan bahwa rekomendasi, dengan berat hati, dan mohon maaf enggak bisa diberikan ke Bu Airin, SK belum diterima dengan pernyataan itu. Kami selaku kader harus memahami dan Ketum sampaikan ini buat keselamatan Partai Golkar," ujar Ratu Tatu kepada wartawan di ICE BSD, Tangerang pada Minggu (25/8).

Perlu diketahui, Golkar memutuskan untuk mendukung paslon Andra Soni-Dimyati yang diusung Gerindra, PKS, PAN, NasDem dan PKB.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper