Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Francis Scott Key di Baltimore AS Ambruk Ditabrak Kapal Kargo

Jembatan Francis Scott Key sepanjang 2,57 km di Baltimore, Maryland, AS ambruk setelah ditabrak kapal kargo pada dini hari Selasa (26/3/2024).
Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland, AS, yang ambruk ditabrak kapal kargo pada 26 Maret 2024./Reuters
Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland, AS, yang ambruk ditabrak kapal kargo pada 26 Maret 2024./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Jembatan Francis Scott Key sepanjang 2,57 kilometer (km) di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat (AS) ambruk pada dini hari Selasa (26/3/2024) setelah ditabrak kapal kargo. Tujuh orang diperkirakan jatuh ke dalam perairan.

Melansir Reuters, video yang disiarkan langsung di YouTube menunjukkan sebuah kapal menabrak jembatan tersebut, dan setelah itu beberapa bentangnya runtuh ke Sungai Patapsco.

Video yang belum diverifikasi yang diposting di media sosial X juga menunjukkan dampak dari ambruknya jembatan tersebut.

Pemadam Kebakaran Kota Baltimore menggambarkan runtuhnya jembatan tersebut sebagai insiden yang memakan banyak korban jiwa, dan mengatakan bahwa para petugas sedang mencari tujuh orang di sungai.

Direktur Komunikasi Departemen Pemadam Kebakaran Baltimore Kevin Cartwright mengatakan pihaknya menerima bnanyak panggilan 911 sekitar pukul 1:30 pagi, bahwa sebuah kapal menabrak Key Bridge di Baltimore dan menyebabkan runtuhnya jembatan.

“Ini merupakan insiden dengan banyak korban jiwa dan kami sedang mencari tujuh orang yang berada di sungai," kata Cartwright kepada Reuters.

Polisi Baltimore mengatakan bahwa mereka mendapat informasi insiden tersebut pada pukul 1.35 pagi waktu setempat.

Data pelacakan kapal dari LSEG menunjukkan sebuah kapal kontainer berbendera Singapura, Dali, berada di lokasi di sepanjang Key Bridge di mana kecelakaan itu terjadi. Pemilik kapal yang terdaftar adalah Grace Ocean Pte Ltd dan manajernya adalah Synergy Marine Group.

Synergy Marine Corp mengatakan bahwa kapal kontainer berbendera Singapura "Dali" bertabrakan dengan salah satu pilar jembatan dan bahwa semua awak kapalnya, termasuk dua pilotnya telah diperiksa dan tidak ada laporan mengenai cedera.

"Semua jalur ditutup di kedua arah karena insiden di I-695 Key Bridge. Lalu lintas dialihkan," demikian menurut Otoritas Transportasi Maryland melalui platform X.

Belum diketahui apakah operasi pelabuhan Baltimore terkena dampak akibat runtuhnya jembatan.

Terminal swasta dan publik di pelabuhan ini menangani 847.158 mobil dan truk ringan pada tahun 2023, yang terbanyak di antara pelabuhan-pelabuhan di Amerika Serikat. Pelabuhan ini juga menangani mesin pertanian dan konstruksi, gula, gipsum, dan batu bara, menurut situs web pemerintah Maryland.

"Saya mengetahui dan sedang dalam perjalanan menuju lokasi kejadian di Key Bridge... Petugas darurat sedang berada di lokasi, dan upaya-upaya sedang dilakukan," kata Walikota Baltimore Brandon Scott di X.

Jembatan yang dinamai Francis Scott Key ini dibuka pada tahun 1977 dan menelan biaya sekitar US$60,3 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper