Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lengkap! Proses dan Hasil Debat Pertama Capres 2024

Anies, Prabowo, dan Ganjar telah melakukan debat pertama di Gedung KPU, Jakarta. Berikut adalah proses lengkap dan hasil debat pertama capres 2024
Lengkap! Proses dan Hasil Debat Pertama Capres 2024. Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan), Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah), dan Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat Debat Capres Perdana di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Lengkap! Proses dan Hasil Debat Pertama Capres 2024. Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan), Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah), dan Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat Debat Capres Perdana di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga calon presiden (capres) telah melakukan debat pertama pada Selasa (12/12/2023) di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta.

Capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo mendapatkan kesempatan untuk memaparkan visi-misi, tanya jawab bertema, hingga menyampaikan pernyataan penutup selama 120 menit.

Secara keseluruhan debat pertama khusus capres ini berjalan lancar dengan beragam tensi. Ketika membahas soal pemberantasan korupsi, ketiga capres nampak tenang dan satu suara yakni mencegah hingga memberantas korupsi lewat penguatan sistem dan lembaga terkait.

Sebaliknya, perdebatan memanas ketika muncul lontaran pertanyaan dengan tema hak asasi manusia (HAM) hingga terkait penanganan persoalan di Papua. Para capres bersilang pendapat, meskipun jalannya debat tetap kondusif.

Berikut rangkuman debat pertama capres pada 12 Desember 2023 di Gedung KPU:

Segmen 1: Aturan Debat

Debat akan dimulai dengan pembacaan tata tertib oleh moderator yakni Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel. Setelah itu, masing-masing capres diberi kesempatan memaparkan visi-misi dan program selama 4 menit.

Segmen 2: Penyampaian Visi-Misi Capres

Anies Baswedan

  • Negara hukum harus menempatkan hukum sebagai rujukan utama untuk memastikan hadir keadilan, kebermanfaatan, dan kepastian
  • Perubahan untuk menegakkan hukum, Indonesia negara hukum bukan negara kekuasaan
  • Mengembalikan marwah negara yang menempatkan hukum ke tempat tertinggi

Prabowo Subianto

  • Menempatkan hukum, HAM, perbaikan pelayanan pemerintahan, pemberantasan korupsi hingga perlindungan terhadap semua golongan sebagai sesuatu yang sangat penting
  • Kepemimpinan dan manajemen negara harus baik agar krisis tidak melanda Indonesia meskipun tidak sempurna
  • Pemimpin harus memberi contoh
  • Memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya

Ganjar Pranowo

  • Pemerataan bidang kesehatan: satu desa, satu puskesmas, satu nakes
  • Pemerataan bidang pendidikan: nasib guru diperhatikan, termasuk guru agama dan akses internet merata
  • Memperhatikan keadilan bagi penyandang disabilitas
  • Mewujudkan pemerintah yang bersih

Segmen 2 & 3: Pendalaman Visi-Misi Capres

Tema: Hak Asasi Manusia (HAM)

Subtema: Strategi penanganan persoalan di Papua 

Pada segmen kedua, tema acak yang terambil oleh panelis adalah HAM dengan subtema pertama terkait strategi penanganan konflik di Papua.

Prabowo menyampaikan bahwa penanganan masalah keamanan di Papua rumit karena gerakan separatisme dan campur tangan pihak asing.

"Masalah Papua, adalah rumit karena di situ terjadi suatu gerakan separatisme. Separtisme ini kita sudah ikuti sudah cukup lama, ada campur tangan asing disitu," katanya, Selasa (12/12/2023).

Menurutnya, perlindungan kepada penduduk Papua dari separatis menjadi penting melalui penegakan hukum, memperkuat aparat, dan mengakselerasi pembangunan.

Kemudian, Ganjar menanggapi pernyataan Prabowo dengan menegaskan bahwa dialog menjadi sangat penting sebagai solusi atas persoalan di Papua. Lalu Anies menyampaikan bahwa persoalan lebih dari kekerasan yakni ketidakadilan di Papua.

Merespons tanggapan Ganjar dan Anies, Prabowo sepakat dengan dialog sebagai salah satu solusi bagi persoalan di Papua.

"Namun tidak sesederhana itu, ada faktor-faktor lain [...] tetapi saya sependapat kita harus tegakkan keadilan, kita harus dialog," ujarnya.

Subtema: Pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik

Ganjar menjelaskan strateginya untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkeadilan dengan melibatkan semua pihak, termasuk kelompok rentan seperti perempuan, anak, dan penyandang disabilitas dalam pengambilan keputusan.

"Yang kedua dari sisi aparatur harus ada kontrol publik dimana pemerintah menerima masukan dan gak boleh baperan," ujarnya.

Menanggapi Ganjar, Anies membanggakan aplikasi JAKI saat menanggapi Ganjar Pranowo terkait dengan masalah layanan publik terkait dengan kelompok rentan pada debat pertama capres. Menurutnya, JAKI mewujudkan pelayanan yang transparan dan terukur.

Sementara itu, Prabowo menyampaikan bahwa kelompok rentan termasuk petani dan nelayan. Dia mengaku mendengarkan keluhan salah satunya petani yang kesulitan mengakses pupuk.

Menanggapi Prabowo, Ganjar balik 'menyerang' dengan menyebut kelangkaan pupuk juga terjadi di seluruh Indonesia, bukan hanya di Jawa Tengah.

Subtema: Penanganan disinformasi dan kerukunan warga

Anies menyampaikan bahwa untuk meningkatkan toleransi adalah lewat penegakan hukum dan negara harus mampu menjangkau semua.

"Ada ruang untuk rakyat menyampaikan pendapat," ujarnya.

Anies juga menjanjikan layanan pengacara gratis untuk rakyat sebagai bantuan hukum melalui program bernama Hotline Paris.

Menanggapi hal itu, Prabowo mengatakan bahwa ada kelompok minoritas yang sukit mendirikan rumah ibadah, sedangkan Ganjar menekankan pendidikan budi pekerti agar mampu menjaga persatuan di tengah masyarakat majemuk.

Anies merespons pertanyaan Prabowo dengan mengatakan bahwa dirinya adalah Gubernur DKI Jakarta yang paling banyak memberikan izin mendirikan tempat ibadah.

Subtema: Pemberantasan korupsi

Ganjar menjelaskan strateginya untuk memberikan efek jera kepada koruptor dan mengembalikan kerugian negara. Selain itu, dia juga 

"Mulai dari pemiskinan dan kedua perampasaan aset, maka segera kita bereskan UU Perampasan Aset, dan untuk pejabat dibawa ke Nusakambangan, agar memberi efek jera," ujar Ganjar.

Selain itu, pemimpin yang baik harus mencontohkan kesederhanaan dan integritas serta tidak ada setoran kepada pemimpinnya.

Anies merespons Ganjar dengan mengatakan bahwa koruptor harus dimiskinkan dan UU KPK harus direvisi agar menjadi lembaga yang kuat. Selain itu, ada imbalan untuk pihak yang ikut melaporkan dan mengungkap korupsi.

Sementara itu, Prabowo menegaskan soal independensi aparat dan lembaga penegak hukum, seperti KPK, Kejaksaan, hingga Ombudsman.

Ganjar pun sepakat dengan pendapat kedua capres lainnya bahwa pemberantasan korupsi menjadi hal penting yang harus menjadi fokus para presiden selanjutnya.

Subtema: Penguatan Demokrasi

Anies menilai kepercayaan rakyat saat ini semakin menurun pada proses demokrasi, tak sekadar kepada partai politik. 

"Kebebasan berbicara menurun dan angka demokrasi menurun," ujarnya.

Menurutnya, biaya politik harus dihitung dengan benar sehingga rakyat melihat transparansi dan akhirnya mengembalikan kepercayaan rakyat.

Menanggapi Anies, Prabowo menegaskan bahwa demokrasi berjalan dengan baik dan salah satu buktinya adalah Anies memenangi Pilgub DKI meskipun berstatus oposisi.

“Saya berpendapat Mas Anies ini agak berlebihan. Mas Anies mengeluh tentang demokrasi ini dan itu, [tapi] Mas Anies jadi Gubernur DKI menghadapi pemerintah yang berkuasa, saya yang mengusung Bapak [...] Anda oposisi dan Anda terpilih,” kata Prabowo dalam Debat Capres di KPU, Selasa (12/12/2023).

Sementara itu, Ganjar menegaskan bahwa tidak ada demokrasi tanpa partai politik sebagai tempat kaderisasi dan pendidikan politik. 

Tensi perdebatan meninggi ketika Anies membalas pernyataan Prabowo dengan menyebutnya tidak tahan menjadi oposisi. Prabowo yang spontan siap menjawab Anies, langsung disetop oleh moderator dan situasi debat tetap kondusif. 

Subtema: Hukum

Prabowo menegaskan independensi kehakiman tanpa intervensi harus terjaga. Dia pun berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup para hakim sehingga tidak mudah diintervensi melalui suap dan semacamnya.

"Jadi mereka tidak melakukan korupsi, itu komitmen saya kepada rakyat Indonesia," katanya.

Ganjar yang bertugas menanggapi pernyataan Prabowo justru melontarkan pertanyaan terkait pelanggaran etik hakim MK beberapa waktu lalu. Namun, moderator segera memutus pertanyaan itu dan menjelaskan bahwa tidak ada pertanyaan tetapi hanya tanggapan.

Prabowo merespons bahwa aturan dari MK tersebut sudah jelas. Dirinya mengklaim bahwa rakyat telah mengetahui proses pengambilan keputusan tersebut.

“Saya kira mengenai Mahkamah Konstitusi aturannya sudah jelas. Kita juga bukan anak kecil, rakyat kita juga pandai, rakyat kita lihat dan tahu, Mas Ganjar, kita tahu lah bagaimana prosesnya, yang intervensi siapa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper