Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai Dikabarkan 'Hilang' Akhirnya Mentan Yasin Limpo Pulang

Menteri Syahrul Yasin Limpo akhirnya pulang usai dikabarkan hilang saat kunjungannya di Eropa beberapa waktu lalu.
Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo angkat suara soal dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Dia menyatakan tidak mengerti  isu atau dugaan kasus korupsi yang terjadi di Kementan saat berkunjung ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (14/6/2023)./Antararn
Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo angkat suara soal dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Dia menyatakan tidak mengerti isu atau dugaan kasus korupsi yang terjadi di Kementan saat berkunjung ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (14/6/2023)./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendadak bikin geger tanah air. Dia dikabarkan menghilang saat sedang kunjungan kerja di Eropa. Tidak ada yang tahu di mana politikus NasDem itu. Imigrasi tidak bisa melacak. Ada kabar dia sedang berobat di luar negeri.

Namun sebelum hilang bak ditelan bumi, nama Mentan memang dikabarkan telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi di Kementan. Tidak jelas kasus yang mana. KPK hanya mengonfirmasi telah mengantongi nama pihak yang menjadi tersangka dalam kasus itu.

Belakangan penetapan Syahrul sebagai tersangka itu telah dibenarkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. "Kalau eksposenya itu sudah lama, tetapi resminya ketersangkaannya itu sudah digelarkan [perkara]," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (4/10/2023).

Menariknya, setelah menimbulkan spekulasi publik soal keberadaannya, kabar tentang Syahrul Yasin Limpo akhirnya terungkap. Dia akhirnya pulang dari Singapura. Kabar kepulangan Syahrul Yasin Limpo dibenarkan oleh pihak Imigrasi.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim memastikan bahwa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo telah mendarat di Indonesia.

Dia mengatakan bahwa politikus NasDem itu tiba di Indonesia pada hari ini, Rabu (4/10/2023) pukul 18.41 WIB. “Sudah sampai, [pukul] 18.41 WIB” ujarnya kepada wartawan melalui pesan singkat, Rabu (4/10/2023).

Bertemu Surya Paloh

Adapun Menteri Yasin Limpo langsung menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan tim kuasa hukumnya di NasDem Tower, Jakarta Pusat pada Rabu (4/10/2023) malam, usai dirinya tiba di Indonesia.

Pantauan Bisnis.com di lokasi, mobil Toyota Alphard bernomor polisi B 8055 ADT tiba di markas Nasdem sekitar pukul 19.45 WIB. Mobil tersebut merupakan kendaraan yang digunakan Syahrul ketika meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta usai tiba dari Singapura.

Mobil yang sama kemudian terpantau keluar dari Nasdem Tower pada Kamis (5/10/2023) dini hari, tepatnya pukul 00.21 WIB.

Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni mengatakan, kehadiran koleganya itu di Nasdem Tower untuk memberi keterangan ke Surya Paloh.

"Biar Pak Surya sebagai ketum, menerima langsung informasi dari Pak SYL [Syahrul Yasin Limpo]," ungkap Sahroni di NasDem Tower, Kamis (5/10/2023).

Sementara itu, Advokat Visi Law Febri Diansyah juga mengungkapkan bertemu dengan Syahrul di Nasdem Tower pada Rabu (5/10/2023) malam. Dalam pertemuan, Syahrul secara resmi menggandeng Febri dan kawan-kawannya untuk menjadi kuasa hukumnya.

"Pak Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian, tadi meminta kami melakukan pendampingan hukum pada tingkat penyidikan," ungkap Febri usai lakukan pertemuan.

Temui Jokowi

Di sisi lain, penasihat hukum Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Febri Diansyah, mengungkapkan kliennya akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Kamis (5/10/2023).

Hal itu disampaikan Febri usai melakukan pertemuan dengan Syahrul dan elite Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta Pusat pada Rabu (4/10/2023) malam.

Mereka bertemu hampir 3 jam. Febri menemui awak media yang sudah menunggu di depan markas NasDem pada pukul 23.57 WIB.

"Tadi yang disampaikan ke kami adalah besok akan menghadap bapak presiden [Jokowi] ke Istana," ujar Febri.

Ketika dikonfirmasi apakah pertemuan itu bertujuan untuk memberikan surat pengunduran diri sebagai menteri, Febri tidak bisa menginformasikan. Dia hanya memastikan pihaknya akan mendampingi proses hukum Syahrul.

"Jadi itu yang baru bisa kami konfirmasi dan kami sampaikan hari ini, yang pasti tim hukum ini akan mendampingi dalam proses hukum yang berjalan mulai hari ini [hingga] ke depan tahap penyidikan," jelasnya.

Kronologi Hilang

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, menjelaskan kronologi Mentan Syahrul Yasin Limpo bisa terpisah dari rombongan dan hilang kontak di Eropa.

Harvick, menjelaskan bahwa kepergian Syahrul Yasin Limpo ke Eropa, tepatnya Roma, Italia, adalah untuk menghadiri forum Global Conference on Sustainable Livestock Transformation yang diadakan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) atau Organisasi Pangan dan Pertanian.

Setelah dari Roma, Italia, Mentan dan jajaran Eselon I dan Eselon II Kementan berlabuh di Spanyol untuk melakukan kunjungan kerja.

Kunjungan kerja di Spanyol ini dilakukan dalam rangka pengembangan Green House skala industri dengan bertemu Mentan Spanyol Luis Planas Puchades di kantor Kementerian Pertanian.

Syahrul juga bertemu Fernando Miranda Sotillos selaku Secretary Jenderal of Agriculture and Food dan Valentin Almanaz de Lara selaku Director Jenderal of Health and Agriculture production.

Akan tetapi, masalah terjadi saat tiba masa kepulangan. Menurut Wamentan, Syahrul Yasin Limpo tidak pulang bersama jajaran lantaran kendala tiket.

Dan sejak saat itu, Syahrul Yasin Limpo tidak bisa dihubungi dan kabar hilang kontak di Eropa pun mengemuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper