Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Momen Heboh di Gala Dinner KTT Asean 2023, Delegasi Kompak Pakai Batik hingga PM Timor Leste Joget

Gala dinner untuk para Kepala Negara dalam KTT Asean ke-43 di Hutan Kota GBK sukses membuat heboh seluruh tamu undangan.
Pertunjukkan kembang api dan video mapping saat Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN di Hutan Kota Plataran, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/HO/Istana Kepresidenan/Agus Suparto/pras.
Pertunjukkan kembang api dan video mapping saat Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN di Hutan Kota Plataran, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/HO/Istana Kepresidenan/Agus Suparto/pras.

Bisnis.com, JAKARTA - Jamuan makan malam untuk para Kepala Negara dalam KTT Asean ke-43 sukses membuat heboh seluruh tamu undangan. Gala Dinner di Hutan Kota Plataran, Senayan itu menghadirkan venue atau panggung megah hingga penampilan apik dari para seniman Indonesia. 

Agenda makan malam bersama delegasi negara yang hadir dalam KTT Asean 2023 ini menjadi momen penting untuk menunjukkan Indonesia sebagai negara yang penuh dengan keramahan serta menghormati kehadiran para tamu negara. 

Bukan Gala Dinner biasa, tempat makan para delegasi kali ini berkonsep outdoor dan menghadap ke gedung-gedung tinggi di kawasan SCBD. Konsep ini memberikan kemegahan tersendiri dalam santapan malam di KTT Asean ke-43 ini. 

Selain disediakan santapan makanan berkelas Nusantara, para tamu kenegaraan juga disambut dengan berbagai penampilan kesenian, mulai dari permainan alat musik Sasando asal Nusa Tenggara Timur (NTT) dan berbagai lagu serta tarian yang ditampilkan.

Berikut Momen Penting di Gala Dinner KTT Asean 2023:

1. Hutan Kota Disulap Jadi Venue Konser Megah 

Jika biasanya area Hutan Kota dibuka umum pada pagi dan sore hari, dalam agenda KTT Asean ke-43 ini Hutan Kota menjadi lokasi jamuan malam eksotis. Hutan buatan di tengah kota ini memiliki luas 4,5 hektare. 

Area tersebut disulap menjadi panggung raksasa yang juga melibatkan gedung-gedung SCBD di belakang nya sebagai layar pertunjukkan video mapping yang sejalan dengan penampilan di panggung. 

2. Jokowi Pakai Baju Adat Betawi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana tampak mengenakan baju adat Betawi dalam gala dinner pada Rabu malam (6/9/2023). Jokowi nampak mengenakan atasan dengan bawahan celana panjang berwarna hitam. 

Penampilan mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga dilengkapi dengan selendang berwarna merah dan kopiah dengan warna senada. Sementara itu, Iriana tampak mengenakan kebaya encim berwarna dominan kuning dan  bawahan berwarna ungu. 

3. Tamu-tamu Delegasi Kompak Kenakan Batik

Para tamu negara ikut memeriahkan Gala Dinner dengan mengenakan baju batik yang beragam. Batik yang dikenakan delegasi menjadi bentuk kekompakan dan penghargaan bagi negara-negara undangan. 

Adapun, sejumlah negara yang hadir dalam KTT Asean yakni negara anggota Asean yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste. 

Kemudian, 9 negara mitra wicara seperti Amerika Serikat, Australia, India, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, China, serta 2 negara undangan yakni Bangladesh dan Kepulauan Cook. 

4. Koplo Cikini-Gondangdia Diputar 2 Kali

Sejumlah lagu hits Tanah Air sukses mengguncang panggung gala dinner KTT ke-43 Asean yang digelar di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, Rabu malam (6/9/2023). Sejumlah lagu yang sukses membuat para tamu undangan berdendang dan bergoyang di antaranya Jang Ganggu, Kaka Main Salah, hingga Cikini Gondangdia.

Koplo lagu Cikini-Gondangdia yang dibawakan oleh Aurelie Moereman sukses membuat para tamu bergoyang hingga akhirnya diputarkan kembali dalam penutupan. Ada banyak delegasi yang ikut bergoyang, salah satunya PM Timor Leste yakni Xanana Gusmao. 

5. PM Timor Leste Xanana Gusmao Joget Heboh

Salah satu yang mencuri perhatian adalah aksi Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao yang berjoget saat lagu 'Cikini Gondangdia' dan ‘Kaka Main Salah’ diperdendangkan. 

Xanana tampak menari mengikuti irama lagu yang dipopulerkan oleh Andy Lo Wi dan Silet Open Up itu sedang dibawakan oleh sejumlah penyanyi. Sesekali tangannya juga berayun mengikuti irama lagu. 

Selain Xanana, sejumlah menteri tampak menikmati alunan lagu. Suasana meriah juga tampak terlihat di media center KTT ke-43 Asean. Sejumlah wartawan juga turut berjoget dan bernyanyi bersama menikmati alunan lagu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper