Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zenith 750 STOL, Pesawat Seharga Rp650 Juta Milik Tersangka Kasus Suap KPK Marsekal Henri Alfiandi

Marsekal Henri Alfiandi telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pengadaan barang dan jasa Basarnas oleh KPK.
ZENITH 750 STOL Tahun 2019./Forum X Plane
ZENITH 750 STOL Tahun 2019./Forum X Plane

Bisnis.com, SOLO - Marsekal Henri Alfiandi telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pengadaan barang dan jasa Basarnas oleh KPK.

Kasus terungkap setelah KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) pada Selasa (25/7/2023) dan mengamankan uang sebesar Rp 999, 7 juta atau nyaris Rp1 miliar.

Dilansir dari LHKPN, perwira TNI tersebut memiliki harga sekitar Rp10,9 miliar. Salah satu barang super mewah yang masuk ke dalam kekayaan Marsekal Henry adalah pesawat ZENITH 750 STOL Tahun 2019.

Di LHKPN, pesawat ZENITH 750 STOL Tahun 2019 itu diberi keterangan hasil sendiri.

Spesifikasi ZENITH 750 STOL Tahun 2019:

Dilansir dari Kitplane, STOL CH 750 Super Duty merupakan pesawat model terbaru dengan garis sayap tinggi yang dikembangkan oleh insinyur penerbangan Chris Heintz.

STOL CH 750 "Super Duty" (SD) adalah hasil pengembangan dari pesawat sport ringan STOL CH 750 dua kursi yang populer

Meski demikian, pesawat ini menawarkan peningkatan beban (dan peningkatan bobot kotor yang sesuai), penambahan "kursi lompat" di area kabin belakang yang luas, dan pilihan mesin baru untuk performa short take-off and landing (STOL) maksimum.

Dengan berat kotor 1.900 lb, pesawat prototipe yang diperkenalkan di AirVenture ditenagai oleh mesin 205-hp IO-375 dari Aero Sport Power. 

Dilengkapi dengan baling-baling Sensenich 82 inci, prototipe CH 750 SD dikonfigurasikan untuk kinerja STOL maksimum. 

Seperti model Zenith sebelumnya, berbagai pilihan mesin akan tersedia untuk model baru CH 750 SD, mulai dari 150 – 205 hp.

Panampilan luar

Model CH 750 “Super Duty” menampilkan bilah tepi depan sayap tetap untuk kinerja STOL yang luar biasa, dan flaperon panjang penuh (yang berfungsi sebagai aileron dan flap panjang penuh, untuk penanganan penerbangan lambat yang superior). 

Bentang sayap CH 750 “Super Duty” (SD) telah ditingkatkan menjadi 33 kaki 5 inci (dari 29'10”) sehingga meningkatkan luas sayap menjadi 162 kaki persegi untuk kemampuan angkut beban maksimum sambil tetap menawarkan kemampuan lepas landas dan pendaratan pendek terbaik di kelasnya. 

Kit terbaru dari Zenith Aircraft Company, model "Super Duty" CH 750 diproduksi dengan penggunaan suku cadang dan rakitan ukuran lubang akhir yang ekstensif.

Diperkirakan kit ini hanya membutuhkan beberapa ratus jam perakitan dasar untuk disatukan, menggunakan paku keling buta yang ditarik sebagai pengencang utama. Mewah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper