Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi Putuskan Status Endemi, DPRD DKI: Supaya Masyarakat Tidak Was-was

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria menilai keputusan status endemi yang diberikan Presiden Jokowi merupakan langkah yang tepat.
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi E DPRD DKI Jakarta menilai keputusan Jokowi menetapkan status endemi pasca pandemi Covid-19 melanda merupakan langkah yang tepat, supaya mobilitas masyarakat kembali normal.

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria mengatakan, sudah waktunya status pandemi Covid-19 dicabut agar masyarakat tidak merasa was-was lagi untuk bergerak melakukan aktivitas maupun melakukan bisnis.

“Selama ini kita masih dibayang-bayangi, masih ada Covid-19, tapi jangan sampai kita juga lengah, tetap kita waspada,” ujar Iman kepada wartawan, Kamis (15/6/2023). 

Iman melanjutkan, DPRD DKI tetap akan memberikan himbauan kepada masyarakat Jakarta terhadap Covid-19 meskipun sudah ditetapkan status endemi, sebab status yang diberikan ini tidak semata-mata Covid-19 sudah tidak ada. 

“Covid-19 masih ada, namun jangan sampai masyarakat masih merasa dihantui. Anggap saja Covid-19 seperti Influenza, sudah dianggap sebagai teman, tidak perlu isolasi,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI menyatakan pasien positif Covid-19 di Jakarta tidak wajib melakukan isolasi seiring dengan situasi Covid-19 Jakarta yang sudah terkendali.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, pihaknya telah berbicara dengan para stakeholder, dimana pasien positif Covid-19 tidak perlu untuk isolasi melainkan wajib menggunakan masker. 

“Jika sulit memantau pasien positif Covid-19, maka bisa dibuat kebijakan isolasi mandiri hanya selama bergejala saja, atau isolasi 3-5 hari saja,” ujar Ngabila.

Adapun pertimbangan tidak wajib isolasi dikarenakan inkubasi Covid-19 saat ini berkisar 1-5 hari dari bergejala sampai dengan sembuh, dari bergejala. 

“Inkubasi Covid-19 sekarang berkisar 1-3 hari dan 3-5 hari. Namun, mencegah sakit tetap yang terbaik. Inkubasi adalah waktu yang dibutuhkan dari virus masuk ke tubuh sampai timbul gejala hari pertama,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper