Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rakernas III PDIP: Kader PDIP Mengheningkan Cipta untuk Bung Karno

Kader PDIP kompak mengheningkan cipta untuk mendoakan Bung Karno yang berulang tahun ke-122 pada hari ini, Selasa (6/6/2023) pada Rakernas III di Jakarta.
Rakernas III PDIP: Momen Kader PDIP Mengheningkan Cipta untuk Bung Karno. Presiden Soekarno saat berpidato/universitas muhammadiyah Sidoarjo
Rakernas III PDIP: Momen Kader PDIP Mengheningkan Cipta untuk Bung Karno. Presiden Soekarno saat berpidato/universitas muhammadiyah Sidoarjo

Bisnis.com, JAKARTA - Kader PDI Perjuangan (PDIP) kompak mengheningkan cipta untuk mendoakan Presiden Pertama Soekarno alias Bung Karno yang berulang tahun ke-122 pada hari ini, Selasa (6/6/2023). Momen itu terjadi dalam rapat kerja nasional (rakernas) III PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan.

Saat itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi membuka rakernas III PDIP yang akan berlangsung pada 6-8 Juni 2023. Sebelumnya, seluruh peserta rakernas menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne PDIP, serta Pembacaan Dedication Of Life.

Kemudian, Sekretaris Jendelal DPP PDIP Hasto Kristiyanto memimpin prosesi heningkan cipta. Dia menjelaskan, rakernas III PDIP hari pertama ini bertepatan momentum kelahiran Bung Karno pada 6 Juni 1901.

"Seraya memohon kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, agar arwah para pahlawan bangsa khususnya Bung Karno diterima di sisi-Nya dan kita dapat mewarisi api perjuangnnya. Mengheningkan cipta dimulai," kata Hasto.

Usai mengheningkan cipta, acara dilanjutkan dengan pembukaan sekaligus pidato politik dari Megawati. Namun, pidato itu berlangsung secara tertutup.

Dalam Rakernas III ini, turut hadir Presiden Joko Widodo (Jokowi), calon presiden Ganjar Pranowo, Kepala Pusat Analisis dan Pengendali Situasi PDIP Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani.

Lalu, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, Wakil Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan Rudianto Tjen dan eks Sekjen Pramono Anung. Serta seluruh jajaran pengurus DPP dan DPD partai hingga Kepala poksi dan pimpinan Komisi Fraksi PDIP DPR RI.

PDIP sendiri sudah mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Oleh sebab itu, sebelumnya Hasto mengatakan dalam rakernas III ini akan lebih banyak dibahas strategi pemenangan Ganjar.

Nantinya seluruh elemen partai akan disatukan suaranya untuk memenangkan Ganjar, sesuai strategi dan visi-misi yang telah disiapkan.

"Dengan demikian di dalam rakernas ini, aspek-aspek pemerintahan ke depan, agenda strategisnya, visi misinya, aspek-aspek pemenangan pemilu, dan kemudian ideologi keberpihakan terhadap wong cilik, itu akan dibahas secara khusus," jelas Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023).

Tema yang diangkat dalam rakernas ini yaitu 'Fakir Miskin dan Anak Terlantar Dipelihara oleh Negara', sesuai amanat Pasal 1 ayat (1) UUD 1945.

"Rencananya Rakernas itu akan ditutup pada tanggal 8 [Juni] sore hari dan di situlah rekomendasi-rekomendasi rakernas akan disampaikan kepada publik," ungkap Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper