Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepekan Perang Rusia Vs Ukraina: Rusia Hancurkan 29 Rudal Jarak Jauh Storm Shadow

AS beri bantuan paket militer untuk Ukraina mencakup sistem anti-pesawat Stinger, sistem pertahanan udara Avenger, amunisi tambahan.
HIMARS atau MLRS adalah sistem roket peluncuran berganda berteknologi tinggi yang dipasang di roda, memberikannya lebih banyak kelincahan dan kemampuan manuver di medan perang./wikipedia
HIMARS atau MLRS adalah sistem roket peluncuran berganda berteknologi tinggi yang dipasang di roda, memberikannya lebih banyak kelincahan dan kemampuan manuver di medan perang./wikipedia

AS Beri Ukraina Paket Bantuan Militer Baru

Amerika Serikat (AS) memberi Ukraina paket bantuan militer mencakup sistem anti-pesawat Stinger, sistem pertahanan udara Avenger, amunisi tambahan untuk sistem pertahanan udara Patriot dan untuk HIMARS (Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi).

Melansir TASS, Dewan Keamanan Nasional AS Koordinator Komunikasi Strategis John Kirby mengatakan pada sebuah pengarahan.

"AS berencana terus mendukung Ukraina membantu memberi mereka hal-hal yang mereka butuhkan untuk mempertahankan diri dengan lebih baik. Sebagai bagian dari semua upaya itu, kami memiliki paket yang akan datang di sini, yang akan menjadi penarikan peralatan ke-39," kata Kirby. 

Dia mengatakan akan memberi Ukraina amunisi tambahan untuk sistem pertahanan udara Patriot, yang sedang digunakan Ukraina dengan cukup efektif, serta lebih banyak sistem pertahanan udara Avenger, sistem anti-pesawat Stinger dan amunisi, tentu saja untuk artileri HIMARS.

Ukraina Siap Gabung dengan NATO

Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mengatakan bahwa Ukraina bersedia menjadi anggota NATO, tetapi menunggu aliansi tersebut siap untuk mengakuinya.

"Masa depan kami ada di Uni Eropa. Ukraina siap bergabung dengan NATO, dan kami menunggu aliansi siap menerima kami. Jaminan keamanan sangat berarti bagi kami dan Moldova juga," katanya.

Mengomentari kerja sama Kyiv-Chisinau, pemimpin Ukraina itu mengatakan berencana untuk membahas hubungan bilateral dengan Sandu dan bahwa dia akan segera menandatangani sejumlah dokumen.

Zelensky dalam pidatonya juga berterima kasih kepada rakyat Moldova yang telah mendukung pengungsi Ukraina.

Dia mengatakan bahwa akan berpartisipasi dalam KTT Komunitas Politik Eropa di Moldova, yang akan membahas koalisi jet tempur, koalisi Patriot, Uni Eropa, NATO, dan formula perdamaian.

Rusia, Ukraina, Uni Eropa Dukung China 

Perwakilan Khusus China untuk Urusan Eurasia Li Hui mengatakan Moskow, Kyiv dan Uni Eropa berjanji untuk bekerja menuju solusi damai untuk krisis Ukraina.

"Hal pertama yang saya rasakan dengan jelas adalah bahwa setiap pihak yang terlibat secara positif menilai upaya China. Semua orang mengharapkan solusi damai untuk krisis (Ukraina)," kata Li dalam pengarahan di Asosiasi Diplomasi Publik China.

Menurut utusan China itu, Rusia dan Ukraina, serta Uni Eropa, mendukung sikap China yang berusaha menyelesaikan konflik melalui cara politik.

Li Hui mengunjungi Ukraina, Polandia, Prancis, Jerman, markas Uni Eropa, dan Rusia, dari 15-26 Mei 2023.

Selama tur itu, dia bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dan para diplomat dari negara-negara tersebut, termasuk Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. dengan tujuan utamanya untuk membahas konflik Ukraina.

Pasukan Rusia Pakai Drone Kamikaze

Biro desain Oko mengatakan bahwa drone jenis pesawat kamikaze baru yang dijuluki Privet-82 (Hello-82) telah berhasil lulus uji coba di area operasi militer khusus Rusia di Ukraina dan sekarang sedang dipersiapkan untuk pekerjaan tempur.

“Privet-82 telah lulus uji terbang di wilayah Republik Rakyat Lugansk dan Donetsk di wilayah operasi militer khusus. Tes tersebut memeriksa jangkauan penerbangan, saluran radio, dan ketahanan drone terhadap sistem peperangan elektronik lokal. kendaraan udara didemonstrasikan kepada perwakilan batalion dari formasi tempur operasional/taktis Cascade dan Timur, Pengawal Rusia dan perusahaan militer swasta Wagner Pekerjaan sedang dilakukan untuk melengkapi drone dengan muatan dan mempersiapkan mereka untuk pekerjaan tempur pertama mereka yang akan berlangsung sudah dalam beberapa hari mendatang," katanya.

Dia menyatakan bahwa saat ini, 12 drone kamikaze Privet-82 hadir di area operasi militer khusus di Ukraina.

"Kami terus berhubungan dengan unit yang telah menerima UAV kami," katanya.

Drone tempur baru memiliki jangkauan operasional 30 km, dapat berakselerasi hingga 140 km/jam dan membawa muatan 5,5 kg.

Bom Mobil Bunuh Pengusaha di Wilayah Zaporozhye

Ketua kelompok We Are Together With Russia Vladimir Rogov mengatakan bahwa sebuah bom mobil menewaskan seorang pengusaha di Mikhailovka, sebuah pemukiman di Wilayah Zaporozhye.

"Rincian serangan teroris di Mikhailovka. Menurut laporan awal, sebuah bom meledak di dalam mobil milik pengusaha lokal Sergey G. Pada saat ledakan, di dalam mobil terdapat pemilik mobil yang tewas di tempat, dan tiga penumpang," katanya di Telegram.

Rogov mengatakan sebelumnya bahwa telah terjadi sebuah ledakan yang mengguncang pusat Kota Mikhailovka.

Pasukan Ukraina Tembaki Pemukiman DPR 

Menurut misi DPR di Pusat Gabungan untuk Kontrol dan Koordinasi Masalah Terkait Kejahatan Perang Ukraina (JCCC), angkatan Bersenjata Ukraina menembaki permukiman Republik Rakyat Donetsk (DPR) sebanyak 62 kali selama sehari terakhir.

Berdasarkan data yang dipublikasikan di saluran Telegram, pasukan Ukraina menggunakan beberapa sistem peluncuran roket, serta artileri 155 mm, standar untuk tentara negara-negara NATO, dan artileri 152 mm. 

Pasukan Ukraina menembaki Donetsk, Gorlovka, Makeevka, Yasinovataya, Golmovsky, Aleksandrovka dan Novopetrikovka.

Adapun 3 orang tewas dalam penembakan itu dan 7 orang lainnya luka-luka, termasuk seorang anak. Sementara itu, 26 rumah dan 5 sarana prasarana sipil rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper