Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duh Kasihan! AS Dua Kali Dicuekin China

Amerika Serikat untuk kali kedua dicuekin China. AS koar-koar hal ini, Beijing bugkam,
Presiden China Xi Jinping/ Bloomberg.
Presiden China Xi Jinping/ Bloomberg.

Bisnis.com, SOLO - Untuk kali kedua AS dicuekin China. Washington dianggap terlalu sering koar-koar tentang rencana mereka tapi tak kunjung dilaksanakan.

Dilansir dari BBC, perwakilan AS sempat dikabarkan ingin bertemu wakil China untuk membahas masalah balon mata-mata yang ditemukan terbang di langit Carolina beberapa waktu lalu.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sempat disebut-sebut sedang mempertimbangkan pertemuan dengan Wang Yi, diplomat top China untuk berkomunikasi tentang tujuan Beijing menerbangkan balon itu.

Sebelumnya, kabar menyebut jika Blinken dan Wang akan bertemu di Konferensi Keamanan Munich, yang berlangsung 17 Februari hingga 19 Februari 2023.

Akan tetapi hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut apakah kedua perwakilan negara adidaya itu bertemu di Munich atau tidak.

Belum dilaksanakan rencana Blinken, kini Joe Biden yang koar-koar. Presiden AS tersebut dikabarkan berencana menemui Xi Jinping untuk mengomunikasikan masalah yang ada.

Komunikasi antara Biden dan Jinping merupakan upaya serius Gedung Putih untuk meredakan hubungan yang memanas dengan Beijing beberapa waktu terakhir.

Saat Blinken dan Biden terus mengatakan ingin bertemu dengan China, namun Beijing tak pernah memberikan respons serius atas kabar tersebut. 

Biden sendiri tidak pernah mengatakan kapan dia berencana untuk berbicara dengan Xi. Akan tetapi keduanya telah bertemu sebelumnya pada saat ketegangan meningkat.

Pada Juli 2022 lalu, keduanya dikabarkan terlibat panggilan telepon selama dua jam untuk membahas Taiwan.

Kemudian Joe Biden dan Xi Jinping juga bertemu agenda KTT G20 Bali pada bulan November silam dan menjadi pertemuan pertama keduanya sebagai kepala negara.

Akan menjadi sejarah baru jika Joe Biden dan Xi Jinping kembali bertemu saat hubungan keduanya sedang panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper