Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Apa dengan Tanggal 9 Februari 2023?

Setiap tahun pada tanggal 9 Februari selalu diperingati sebagai Hari Pizza Sedunia.
Pizza berbahan dasar bit/Istimewa
Pizza berbahan dasar bit/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Berdasarkan kalender Masehi tanggal 9 Februari 2023 jatuh pada hari Kamis. Terdapat beberapa peringatan yang terjadi pada tanggal 9 Februari di antaranya ada Hari Pizza Sedunia dan Hari Pers Nasional.

Setiap tahun pada tanggal 9 Februari selalu diperingati sebagai Hari Pizza Sedunia.  Diketahui Pizza merupakan kuliner khas yang berasal dari negara Italia. Pizza adalah hidangan roti pipih dengan toping saus, sayuran, daging, dan lainnya sebagainya.

Pizza pertama kali dikenal di Napoli pada abad ke-16. Mulanya pizza adalah makanan khas pekerja karena harganya yang terlatif lebih murah dan praktis dibandingkan makanan lainnya.

Namun, makanan ini naik kelas karena  Raja Umberto I dan Ratu Margherita berkunjung ke Napoli. Karena bosan dengan makanan istana, mereka mencoba mencicipi pizaa.

Ratu Margherita langsung jatuh cinta dengan pizza yang ditabur keju mozarella, dan saus tomat. Sejak itu, pizza diberina nama Pizza Marghereta.

Pizza telah menjadi makanan yang populer di seluruh dunia. Hingga akhirnya pada tahun 2000, Hari Pizza Sedunia ditetapkan pada tanggal 9 Februari.

Selain itu, di Indonsia setiap tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Peringatan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Dalam Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 itu disebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Adapun tujuan dari Hari Pers Nasional sebagai ajang silahturahmi dan penyatuan pemikiran insan pers untuk kemajuan pers khususnya dan bangsa Indonesia umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper