Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata Ini Petimbangan Jokowi Dalam Melakukan Reshuffle Kabinet

Jokowi tampak memanggil sejumlah pejabat di tengah memanasnya isu reshuffle kabinet Indonesia Maju.
Ternyata Ini Petimbangan Jokowi Dalam Melakukan Reshuffle Kabinet. / Dok Youtube Kemenko Perekonomian.
Ternyata Ini Petimbangan Jokowi Dalam Melakukan Reshuffle Kabinet. / Dok Youtube Kemenko Perekonomian.

Jokowi Aktif Panggil Pejabat

Presiden Jokowi tampak aktif memanggil sejumlah tokoh ke istana di tengah isu reshuffle kabinet menghangat di tengah masyarakat. Mantan Wali Kota Solo ini sempat memanggil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Istana Negara, pada Jumat (6/1/2023). Prabowo menambah daftar sejumlah elite politik yang dipanggil presiden di tengah menguatnya isu reshuffle kabinet.

Berdasarkan pantauan Bisnis, pemanggilan Jokowi terhadap sejumlah pejabat publik mulai aktif dilakukan sejak akhir tahun 2022 yang sudah dilakukan beberapa kali.

Pertama dengan Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo pada Senin (26/12/2022), kemudian Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada hari yang sama, yaitu Senin (2/1/2023). Serta, pada Selasa (3/1/2023) Jokowi memanggil Plt Ketua Umum PPP Mardiono.

Untuk diketahui, Jokowi menjalani sejumlah pertemuan dengan menteri Kabinet Indonesia Maju. Selain Prabowo, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Wakil Menteri Hukum dan HAM Eddy Hiariej.

Terbaru, Jokowi juga mengundang Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang digelar secara tertutup pada Kamis (26/1/2023). Bahkan, pertemuan itu baru diketahui publik keesokan harinya.

Sebelumnya, Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko juga merapat ke istana menjelang reshuffle kabinet pada Selasa (17/1). Budiman mengaku tak ada bahasan mengenai jabatan. Dia berkata Jokowi hanya meminta pertimbangan mengenai urusan desa.

Selain itu, Jokowi juga memanggil Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto atau Cak Nanto ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (30/1). Pertemuan berlangsung tertutup sekitar 1 jam. Pada kesempatan itu, Nanto didampingi sejumlah petinggi PP Pemuda Muhammadiyah.

Untuk diketahui, Jokowi sering kali mengambil keputusan penting kenegaraan pada Rabu Pon. Isu perombakan kabinet alias reshuffle yang belakangan makin didengungkan pun diyakini akan dilakukan pada Rabu Pon. 

Isu reshuffle kabinet semakin menguat setelah Jokowi memanggil sejumlah tokoh ke Istana Kepresidenan. Namun, Jokowi enggan mengonfirmasi kabar reshuffle kabinet pada Rabu Pon, 1 Februari.

"Hmm, masak? Rabu Pon? Benar? Ya, nanti tunggu saja," ucap Jokowi di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Presiden asal Surakarta ini juga sempat buka suara usai panggil Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ke Istana Negara, Kamis (26/1) sore.

"[Pertemuan)]biasa-biasa saja. Mau tahu saja [isi pertemuannya]," pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper