Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Bumi Berkekuatan 6,1 SR Guncang Xinjiang China

Gempa bumi dengan kekuatan 6,1 SR mengguncang Xinjiang, China barat laut, pada Senin (30/1/2023).
Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Jaringan Gempa Bumi China mengumumkan bahwa gempa berkekuatan 6,1 SR mengguncang Kabupaten Shaya di Prefektur Aksu di Daerah Otonom Uighur Xianjiang, China barat laut, pada Senin (30/1/2023).

Pada awalnya, badan tersebut melaporkan aktivitas seismologi berkekuatan 6,6 SR tetapi kemudian mengoreksi data tersebut.

Melansir dari Xinhua, pusat gempa terpantau di 40,01 derajat Lintang Utara dan 82,29 derajat Bujur Timur.

Tremor terjadi pada pukul 07:49 waktu Beijing (02:49 waktu Moskow) di daerah Shahyar di distrik Aksu. Fokus gempa di kedalaman 50 km.

Selain itu, pusat gempa terletak di daerah yang tidak berpenghuni, 105 km dari kota Alaer dengan populasi 260.000 orang, dan 141 km dari kursi kabupaten Shaya.

Pihak berwenang di tempat kejadian mengatakan bahwa gempa tersebut dirasakan di sekitar area tersebut.

Sejauh ini tidak ada korban jiwa atau kerugian harta benda yang dilaporkan. Informasi tentang korban atau kerusakan saat ini sedang ditentukan.

Sementara itu, 15 kendaraan dan 70 penyelamat dari departemen kebakaran dan penyelamatan di prefektur telah bergegas ke daerah bencana. 

Sebuah tim yang terdiri dari 10 orang dari departemen pemadam kebakaran dan penyelamatan di kabupaten sedang menjelajahi area pusat gempa dengan dikerahkan 2 kendaraan ke lokasi.

Meski begitu, pengoperasian jaringan listrik lokal, produksi minyak dan gas, dan perusahaan petrokimia utama tidak terpengaruh oleh gempa tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper