Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Tempur Kebanggaan Rusia Dekati Perairan AS, Perang Dunia III Tinggal Menunggu Waktu?

Rusia telah mengirim dua kapal tempur kebanggaan Vladimir Putin ke wilayah dekat dengan perairan AS.
Ilustrasi kapal tempur Rusia yang mulai dekati perairan AS
Ilustrasi kapal tempur Rusia yang mulai dekati perairan AS

Bisnis.com, SOLO - Dunia harus semakin waspada, konflik yang sebelumnya hanya melibatkan Rusia dan Ukraina kini merembet ke beberapa negara.

Yang paling ditakutkan adalah konflik yang terjadi antara dua negara besar dunia, Amerika Serikat dan Rusia.

Sebelumnya, diketahui jika AS telah memberikan bantuan jutaan dollar kepada Kyiv untuk membantu perang. Dan terbaru, AS dan Barat akan mengirim tank tempur untuk membantu militer Ukraina.

Keterlibatan AS atas perang yang terjadi dari dua negara pecahan Uni Soviet ini membuat Rusia dan Vladimir Putin geram.

Vyacheslav Volodin, juru bicara Duma yang merupakan majelis rendah parlemen Rusia memperingatkan bahwa dukungan Amerika Serikat dan NATO terhadap Ukraina membawa dunia ke dalam "perang yang mengerikan".

"Jika Washington dan negara-negara NATO memasok senjata yang akan digunakan untuk menyerang kota-kota sipil dan berusaha merebut wilayah kami, seperti yang mereka ancam, ini akan mengarah pada tindakan pembalasan dengan menggunakan senjata yang lebih kuat,” kata Volodin di aplikasi perpesanan Telegram.

Tidak diketahui apa yang akan dilakukan Rusia, namun banyak yang khawatir jika ancaman tersebut berkaitan dengan penggunaan nuklir.

“Argumen bahwa kekuatan nuklir sebelumnya tidak menggunakan senjata pemusnah massal dalam konflik lokal tidak dapat dipertahankan. Karena negara-negara ini tidak menghadapi situasi di mana ada ancaman terhadap keamanan warganya dan keutuhan wilayah negara," ia menambahkan.

Rusia mulai pancing AS

Rusia tak mau maunvernya hanya sebatas gertakan, mereka benar-benar ingin menunjukkan betapa menakutkannya kekuatan militer negara di bawah kendali Vladimir Putin.

Dilansir dari Metro, dua kapal tempur andalan Kremlin dikabarkan mulai mendekati wilayah perairan AS sebagai langkah unjuk kekuatan militer.

Kapal tempur Fregat bernama Gorshkov telah diawasi secara ketat oleh kapal-kapal NATO dalam pelayaran perdananya.

Bahkan, penyelidik NATO menemukan kapal itu dipersenjatai dengan rudal Zircon berkecepatan 6.670 mph yang memiliki jangkauan 625 mil.

Situs pemantauan radar menunjukkan Gorshkov, yang baru-baru ini dibuntuti oleh angkatan laut Portugis, melakukan pengalihan tak terduga di Atlantik.

Vladimir Putin menjadi sosok yang ikut melepas keberangkatan kapal tempur tersebut pada 4 Januari 2023 lalu.

Dia memperjelas bahwa misi ini dimaksudkan sebagai unjuk kekuatan ke Barat, sehingga AS dan Barat tak seenaknya ikut campur dalam konflik Rusia dan Ukraina.

"Saya yakin bahwa senjata yang begitu kuat akan memungkinkan kami untuk melindungi Rusia secara andal dari potensi ancaman eksternal dan membantu memastikan kepentingan nasional negara kami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper