Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Beasiswa LPDP Tahap 1 2023 Dibuka Hari Ini, Simak Cara dan Syarat Daftarnya

Pendaftaran LPDP tahap 1 2023 dibuka hari ini, berikut syarat, cara daftar, dan jadwal pelaksanaannya.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 25 Januari 2023  |  06:44 WIB
Beasiswa LPDP
Beasiswa LPDP
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahap 1 di tahun 2023 sudah dibuka pada hari ini, Rabu (25/1/2023).

Dilansir dari situs resminya, pendaftaran ini dibuka selama satu bulan hingga 25 Februari 2023. Tahapan kemudian dilanjutkan dengan seleksi administrasi pada 27 Februari.

Adapun pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2 akan dibuka pada 9 Juni 2023 mendatang.

Setiap warga negara Indonesia (WNI) yang ingin melanjutkan studi pascasarjana bisa melakukan pendaftaran beasiswa ini dengan memilih tiga program beasiswa LPDP yakni Program Umum, Program Targeted (khusus untuk profesi tertentu), dan Program Afirmasi.

Pendaftaran bisa langsung dilakukan secara online melalui situs beasiswalpdp.kemenkeu.go.id, dengan mengunggah beberapa dokumen yang dibutuhkan.

Syarat mendaftar LPDP 2023

Pendaftar LPDP wajib melengkapi semua persyaratan pendaftaran beasiswa, di antaranya:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor
  3. Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor wajib memenuhi ketentuan Memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan, dan Memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).
  4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.
  5. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan:
  6. Hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/
  7. Tangkapan layar penyetaraan ijazah dan konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengenai penyetaraan ijazah dan konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPKnya belum terbit
  8. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
  9. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
  10. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional
  11. Melampirkan surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan masing-masing program.
  12. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  13. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada masing-masing program beasiswa.
  14. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler atau kelas yang ditetapkan oleh LPDP
  15. Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP.
  16. Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan pada aplikasi pendaftaran.
  17. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
  18. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.
  19. Jika pendaftar memiliki publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi maka pendaftar mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran.
1 dari 0 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lpdp beasiswa kuliah kemenkeu
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top