Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Semeru Erupsi, Megawati Instruksikan Kader PDIP Terjun ke Lokasi Terdampak

Megawati Soekarnoputri menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP untuk turun ke daerah terdampak erupsi Gunung Semeru.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 04 Desember 2022  |  17:36 WIB
Semeru Erupsi, Megawati Instruksikan Kader PDIP Terjun ke Lokasi Terdampak
Semeru Erupsi, Megawati Instruksikan Kader PDIP Terjun ke Lokasi Terdampak. Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar yang tampak dari Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (7/1/2022). ANTARA FOTO - Seno
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) partainya untuk turun ke daerah terdampak erupsi Gunung Semeru.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

"Ibu Megawati berpesan agar segera disiapkan dan dimobilisasi Badan Penanggulangan Bencana PDI Perjuangan Jawa Timur dan agar secara khusus memberi bantuan keperluan untuk ibu dan anak. Serta makanan untuk balita," ujar Hasto dalam keterangan tertulis, Minggu (4/12/2022).

Dia menjelaskan, Megawati selalu agar kadernya selalu tanggap darurat dan beraksi cepat jika terjadi bencana. Presiden ke-5 RI itu ingin agar Baguna PDIP langsung diturunkan ke lapangan dan kebutuhan mendesak warga terdampak disediakan.

"Ibu Megawati selalu detail setiap kali memberi arahan. Baguna PDI Perjuangan turun, membantu aksi tanggap darurat atas letusan Semeru ini," kata Hasto.

Oleh sebab itu, Hasto pun langsung menginstruksikan Wasekjen DPP PDIP Sadarestuwati, Ketua DPP Arif Wibowo, anggota DPR sekitar Semeru seperti Sonny Danaparamita, dan pengurus DPD PDIP Jawa Timur termasuk Sekretaris Sri Untari serta Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani segera bergerak menjalankan perintah Megawati tersebut.

Sebagai informasi, terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Minggu (4/12/2022), pukul 02:46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1500 meter di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik.

Dikutip dari laman resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan sumber APG berasal dari tumpukan material di ujung lidah lava, yang berada sekitar 800 meter dari puncak (Kawah Jonggring Seloko).

Awan Panas Guguran tersebut  berlangsung menerus dan hingga pukul 06.00 WIB jarak luncur telah mencapai 7 km dari puncak ke arah Besuk Kobokan.

Adapun, aktivitas kegempaan pada tanggal 4 Desember 2022 pukul 00.00 – 06.00 WIB terekam 8 kali Gempa Letusan, 1 Gempa Awan Panas Guguran yang masih berlangsung hingga pukul 06.00 WIB. Hal ini menunjukkan aktivitas erupsi dan awan panas guguran di Gunungapi Semeru masih sangat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gunung Semeru megawati erupsi pdip
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top