Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

77 Persen Perusahaan Jepang Terdampak Perang Rusia Vs Ukraina

Sekitar 77 persen perusahaan Jepang di Eropa terdampak invasi Rusia ke Ukraina terutama melalui kenaikan harga energi dan pangan serta gangguan logistik.
Bendera Jepang/Istimewa
Bendera Jepang/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sekitar 77 persen perusahaan Jepang di Eropa mengalami operasi yang terdampak invasi Rusia ke Ukraina terutama melalui kenaikan harga energi dan pangan serta gangguan dalam logistik, menurut sebuah survei.

Survei dilakukan oleh Organisasi Perdagangan Eksternal Jepang (JETRO) secara daring terhadap 1.445 perusahaan pada kurun waktu antara 1 hingga 26 September dengan tanggapan valid dari 799 responden.

Menurut survei itu, perusahaan manufaktur merasakan dampak yang lebih besar, dengan 83,7 persen responden di sektor itu mengatakan bisnis mereka menderita akibat perang di Ukraina.

Di antara 605 perusahaan yang menjawab pertanyaan pilihan ganda tentang faktor negatif yang mengganggu bisnis mereka, sebanyak 65,1 persen menyebut kenaikan harga energi, 55,9 persen mengatakan harga bahan baku dan sumber daya yang lebih tinggi seperti produk plastik dan karet, sementara 54 persen menyebut peningkatan gangguan dan hambatan dalam logistik.

"Survei ini menunjukkan parahnya dampak perang Ukraina terhadap operasi bisnis," kata Akiko Ueda, seorang pejabat di JETRO.

"Fakta bahwa hampir 80 persen perusahaan mengaku mereka merasa dampak negatif dari perang Ukraina menunjukkan adanya situasi di mana mereka tidak dapat menghindari kerugian bahkan jika mereka mempercepat upaya seperti menurunkan harga untuk pelanggan," ujar Ueda.

Dia menambahkan resolusi untuk konflik Rusia-Ukraina adalah hal "penting" untuk memperbaiki kondisi bisnis.

Krisis Ukraina, yang dipicu oleh invasi Moskow pada Februari, telah menyebabkan ekspor biji-bijian dari negara Eropa Timur itu terhuyung-huyung, yang kemudian menyebabkan kenaikan harga makanan.

Perusahaan Jepang di industri makanan serta di sektor pengolahan pertanian dan perikanan sangat terpengaruh, kata JETRO.

Industri otomotif juga menderita karena terpaksa mengurangi atau menghentikan operasi di Rusia dan mengalami kenaikan harga energi, bahan mentah, dan suku cadang, menurut survei organisasi tersebut.

Dari 501 perusahaan yang memberikan jawaban atas pertanyaan tentang penanggulangan, sebanyak 50,5 persen mengatakan bahwa mereka membebankan biaya yang lebih tinggi kepada pelanggan.

Sekitar 27,5 persen telah mendiversifikasi basis pasokan mereka, sementara 25,1 persen mencari pelanggan baru.

Di sektor manufaktur, 29,4 persen perusahaan mengatakan mereka telah meningkatkan persediaan mereka.

Di antara kekhawatiran lain atas krisis Ukraina, perusahaan-perusahaan Jepang menyebut tentang prospek yang tidak pasti kapan perang akan berakhir dan kapan bisnis mereka di Rusia dapat dilanjutkan, kata survei tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper