Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Anak Sedunia 20 November 2022, Intip Tema dan Sejarahnya

Hari Anak Sedunia diperingati tiap 20 November, tahun ini tema yang diusung yakni inclusion, for every children.
Anak memakai kacamata/john hopkins
Anak memakai kacamata/john hopkins

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Anak Sedunia 2022 diperingati setiap 20 November 2022. Pada tahun ini, tema yang diusung adalah "Inclusion, for every child".

Hari anak nasional diperingati setiap tahun sebagai momentum menyuarakan isu bagi setiap anak. Simak sejarah dan tema peringatan Hari Anak Sedunia, 20 November 2022 hari ini!

Sejarah Hari Anak Sedunia 2022

Hari anak sedunia pertama kali dicetuskan pada 1954 dan dirayakan pada 20 November setiap tahunnya guna mempromosikan kesadaran mengenai peningkatan kesejahteraan anak di seluruh dunia.

Pada tahun 1959 Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak Anak yang mendefinisikan hak anak atas perlindungan, pendidikan, perawatan kesehatan, tempat tinggal, dan nutrisi yang baik.

Sementara 30 tahun berselang, tepatnya pada 1989 Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Sejak tahun 1990, Hari Anak Sedunia juga menandai peringatan tanggal Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak.

Untuk diketahui setelah perang dunia II, nasib anak-anak khususnya di Eropa sangat memprihatinkan.

Meski sudah lebih dari dua puluh tahun yang lalu dunia kembali bersatu, namun tantangan serius bagi perlindungan anak yang terkena dampak konflik bersenjata tetaplah ada.

Melansir dari laman PBB, Pada tahun 2019, 1,6 miliar anak (69%) tinggal di negara yang terkena dampak konflik, dan sekitar 426 juta anak (lebih dari satu dari enam) tinggal di zona konflik.

Tak hanya anak-anak yang tinggal di negara konflik saja, hak anak atas perlindungan dari segala bentuk kekerasan juga diabadikan dalam Konvensi Hak Anak. Mulai dari bentuk kekerasan fisik, emosional, atau seksual yang mengancam anak-anak di seluruh dunia.

Tema Hari Anak 2022

United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) memprakarsai tema "Iknlusi, untuk setiap anak" pada tahun ini.

Pada 20 November 2022 ini, anak-anak akan memperjuangkan dunia yang lebih setara dan inklusif.

Melalui aksi tahunan ini, anak-anak akan menyampaikan suara mereka mengenai isu-isu penting bagi generasi mereka kepada orang dewasa guna menciptakan masa depan yang lebih baik.

Adapun, topik yang akan dibahas dalam Hari Anak Sedunia 2022 diantaranya, perubahan iklim, pendidikan dan kesehatan mental, hingga mengakhiri rasisme dan diskriminasi yang kerap diterima anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper