Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sama-sama Pakai Boeing, Intip Spek Pesawat Kepresidenan Jokowi, Biden & Xi Jinping

Berikut perbedaan pesawat Boeing yang dipakau Jokowi, Joe Biden dan Xi Jinping.
Pesawat Boeing parkis di Bandara I Gusti Ngurah Rai
Pesawat Boeing parkis di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Ulasan tentang pesawat kepresidenan Xi Jinping:

Berbeda dengan rekan-rekannya yang memiliki banyak pesawat, Sekretaris Jenderal Partai Komunis China, Xi Jinping tidak memiliki pesawat buatan negaranya sendiri. 

Sebenarnya, China sendiri sudah membuat pesawat bernama C919 buatan yang dirancang untuk bersaing langsung dengan keluarga Boeing 737 MAX dan Airbus 320neo.

Akan tetapi, pesawat tersebut baru selesai ujicoba beberapa bulan yang lalu. Tentu saja, China tak mau ambil risiko dengan memberi orang no.1 mereka pesawat yang masih dalam bentu prototype.

Meski dalam hal perdagangan mereka adalah rival AS, namun soal pesawat, China tetap impor dari negeri berjuluk Paman Sam tersebut. Wajar saja, pesawat buatan Boeing memang sudah terkenal kualitasnya seantero dunia.

Xi Jinping diketahui menggunakan dua Boeing747-400 milik maskapai Air China (nomor ekor B-2447 dan B-2472) untuk kunjungan pemerintahan dan perjalanan bisnisnya. 

Spesifikasi pesawat Xi Jinping

China cukup tertutup jika berbicara soal alutsista, kecuali jika mereka sedang berupaya menarik penjual untuk membeli alutsista buatan negara mereka.

Hal yang sama berlaku pada pesawat kepresidenan Xi Jinping Boeing747-400. Tak ada infomasi resmi apa saja yang telah dimodifikasi oleh China terkait pesawat tersebut.

Sementara jika dilihat versi standar, seri dasar 747-400 memiliki lima model. 

Model penumpang memiliki jangkauan maksimum 8.430 mil (13.570 km) dalam konfigurasi 416 kursi tiga kelasnya dan memiliki kemampuan penumpang jarak jauh terbesar dengan 524 kursi dalam konfigurasi dua kelasnya.

Model kargo dapat mengangkut 124 ton (113.000 kg) kargo 4.400 nm. Model domestik memiliki 568 kursi penumpang dan rentang 1.805nm. 

Sementara Model combi, dirancang untuk mengangkut penumpang dan barang, memiliki 266 kursi, tujuh palet kargo, dan jarak tempuh 8.300 mil.

Dan yang terakhir adalah model 747-400 pertama yang diluncurkan dari Everett pada Januari 1988 dan memasuki layanan komersial pada Februari 1989 dengan Northwest Airlines. Boeing membatalkan rencana untuk versi panjang, 747X, pada April 2001.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper