Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Semakin Tertekan, Serangan ke Ukraina Mulai Melambat

Pasukan Rusia sibuk untuk mempertahankan wilayah yang didudukinya. Sementara itu serangan balik Ukraina datang silh berganti.
Tnetara Rusia dalam agresi militer di Ukraina./Istimewa
Tnetara Rusia dalam agresi militer di Ukraina./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pasukan Rusia terus menghadapi serangan balik dari Ukraina. Serangan itu terjadi pasca penarikan 30.000 prajurit Kremlin dari wilayah Kherson di Ukraina bagian selatan.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia melaporkan bahwa dua batalion taktis pasukan Ukraina berupaya menyerang unit tentara Rusia yang berada di arah pemukiman Vkadimirovka Sam Kuzemovka, Luhansk.

Di dekat Desa Peschanoe, Kharkiv, serangan Ukraina berhasil ditekan. Sebuah kelompok taktis rezim Kyiv terkena tambakan dari pasukan Rusia, akibatnya sebanyak 160 prajurit Ukraina tewas dan terluka, termasuk 6 tank dan 9 kendaraan tempur lapis baja hancur.

️Sementara itu, dari arah Krasno-Limansky, tindakan aktif unit pasukan Rusia menghentikan serangan 4 kelompok taktis Ukraina ke arah pemukiman Svatovo, Ploschanka, Makeevka dan Chervonopopovka dari Luhansk.

"Sebagai akibat dari serangan artileri Rusia dan penerbangan tentara, lebih dari 190 prajurit Ukraina, satu tank, enam kendaraan tempur lapis baja, dan lima kendaraan, hancur."

Pasukan Rusia juga berhasil menghentikan aksi unit tentara bayaran asing mencoba menghentikan gerak maju pasukan Rusia dengan serangan balik ke arah pemukiman Stepnoye, Vladimirovka dan Pavlovka di Donetsk. Serangan artileri dan penerbangan militer Rusia membunuh lebih dari 85 militan dan menghancurkan 7 kendaraan tempur lapis baja dan dua truk pickup.

Serangan Rusia

Adapun penerbangan operasional-taktis dan tentara, pasukan rudal dan artileri menghantam empat pos komando Angkatan Bersenjata Ukraina, serta 58 artileri unit di posisi tembak, tenaga kerja dan peralatan militer di 236 distrik.

️Selain itu, dua radar kontra-baterai AN/TPQ-50 dan AN/TPQ-36 buatan AS dihancurkan di area pemukiman Lozova, wilayah Kharkiv dan Zelenaya Dolina, Republik Rakyat Donetsk. 

"Depot amunisi brigade artileri ke-44 Angkatan Bersenjata Ukraina dihancurkan di dekat kota Varvarovka, wilayah Zaporozhye. Sebuah gudang senjata dan peralatan militer dihancurkan di dekat desa Peschanoe di wilayah Kharkov."

️Selama pertarungan kontra-baterai di area pemukiman Kruglyakovka, wilayah Kharkiv, baterai sistem artileri M777 buatan AS ditekan.

Secara total, sejak awal operasi militer khusus, 333 pesawat, 175 helikopter, 2.492 kendaraan udara tak berawak, 388 sistem rudal anti-pesawat, 6.550 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 886 kendaraan tempur dari berbagai sistem peluncuran roket, 3574 lapangan senjata artileri dan mortir, serta 7.187 unit kendaraan militer khusus Ukraina hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper