Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Gabung Golkar, Ini Jawaban Ridwan Kamil

Ridwan Kamil masih belum condong pada satu kutub partai politik tertentu. Hanya saja, dia menyadari, dirinya ikut masuk ke dalam bursa Pilpres 2024 ini.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencicipi bubur di Kota Bandung, Kamis (24/2/2022). /Bisnis-Nancy Junita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencicipi bubur di Kota Bandung, Kamis (24/2/2022). /Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dirinya masih menimbang-nimbang setiap kemungkinan terkait dengan rencana untuk bergabung ke dalam Partai Golkar.

Kang Emil, sapaan karibnya, berharap keputusannya itu dapat segera diambil di tengah dinamika pemilihan presiden atau Pilpres 2024 yang makin intens saat ini.

“Hari ini kan masih kontemplasi, masih menimbang, jadi mau berlabuh ke mana masih belum diputuskan, tapi secepatnya,” kata Kang Emil saat dijumpai di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Kendati demikian, dia mengatakan, dirinya masih belum condong pada satu kutub partai politik tertentu. Hanya saja, dia menyadari, dirinya ikut masuk ke dalam bursa Pilpres 2024 ini.

“Kadang-kadang perjodohan selalu terjadi di akhir-akhir ini,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily mengatakan Golkar menjadi salah satu partai politik yang dipertimbangkan Ridwan Kamil sebagai perahu barunya di 2024 mendatang.

“Yang jelas bahwa Kang Emil ada keinginan untuk bergabung dengan partai politik, dan salah satunya adalah Partai Golkar,” kata Ace dalam pesan singkat pada media, Kamis (27/10/2022).

Namun kata Ace, Kang Emil masih meminta waktu untuk memutuskan masuk Partai Golkar di waktu yang tepat. Meskipun hingga sekarang, Ace mengakui pertemuan intens sudah dilakukan Golkar dengan Kang Emil menjelang pengumuman tersebut.

“Kang Emil masih minta waktu untuk berpikir akan bergabung dengan Partai Golkar. Saya pun masih menunggu waktu yang pas berbicara dengan dengan Kang Emil soal kelanjutan dari beberapa pembicaraan beberapa kali pertemuan dengan beliau,” tuturnya.

Di sisi lain, elektabilitas Kang Emil kini mulai naik berdasarkan survei Litbang Kompas terbaru. Meski punya potensi itu, Golkar kata Ace, masih konsisten untuk mengusung sang ketum Airlangga Hartanto sebagai Capres 2024.

“Hingga saat ini, Partai Golkar masih konsisten mendorong Pak Airlangga Hartarto sebagai capres dari Partai Golkar. Tidak ada nama yang lain,” pungkasnya.

Dalam survei Litbang Kompas memisahkan kandidat capres dengan elektabilitas di atas 10 persen dan di bawah 10 persen. Ridwan Kamil menduduki puncak pada kategori di bawah 10 persen.

Litbang Kompas menunjukan elektabilitas Ridwan Kamil melejit mencapai 8,5 persen. Sementara tokoh lainnya berada di bawah 3 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper