Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpora: Tragedi Kanjuruhan Tidak Boleh Terulang, Harus Jadi yang Terakhir!

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali turut berdukacita atas meninggalnya korban dalam tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang
Menpora Zainudin Amali / Aprianus Doni Tolok
Menpora Zainudin Amali / Aprianus Doni Tolok

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali turut berdukacita yang mendalam atas meninggalnya penikmat olahraga dalam tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Sabtu (1/10) malam.

“Pemerintah secara umum dan khususnya Bapak Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa duka yang mendalam atas tragedi kerusuhan di stadion kanjuruan malang pada 1 oktober 2022, kepada keluarga yang ditinggalkan supaya diberi kekuatan dan ketabahan oleh Allah SWT dalam menerima musibah ini,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (2/10/2022).

Zainudin pun mengaku bahwa kejadian tersebut merupakan luka memprihatinkan dan aksi mengecewakan dari penikmat olahraga sepak bola, sebab ditengah tengah upaya pemerintah sedang membangun sepak bola nasional dapat ternodai dengan kejadian tersebut.

Alhasil, dia menyampaikan Presiden telah memberikan arahan melalui Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) kepada Menpora dan Kapolri untuk segera menginvestigasi secara serius dan mengusut tuntas apa yang menjadi penyebab terjadinya kerusuhan ini.

Bahkan, diakuinya Jokowi memberi arahan kepada Zainudin Amali untuk segera ke Malang dan melihat kondisi korban yang sedang dirawat di Rumah Sakit serta bertakziah kepada keluarga korban yang meninggal.

“Menindaklanjuti arahan tersebut, saya segera berkoordinasi dengan Kapolri dan Ketum PSSI utk segera mengambil langkah penanganan secara cepat dan tepat. Saya berharap kita harus mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepakbola [baik kompetisi maupun turnamen] agar tragedi kanjuruan ini tidak terulang lagi di masa depan,” katanya.

Dia memastikan bahwa Pemerintah akan menjadikan tragedi ini sebagai pelajaran berharga yang memilukan bagi semua dan harus menjadi yang terakhir.

“Kepada mereka yang harus bertanggung jawab tentu harus bisa mempertanggung jawabkan sesuai aturan yang berlaku [aturan FIFA, aturan PSSI dan aturan lainnya yang berlaku di negara ini]. Setelah Saya, Kapolri, dan Ketum PSSI tiba di malang akan segera menginformasikan perkembangan berikutnya,” ujar Zainudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper