Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik, AS Nomor Satu

Pasti semua orang ingin mendapatkan pendidikan terbaik. Simak negara dengan sistem terbaik di dunia. 
Negara dengan sistem pendidikan terbaik./pexels
Negara dengan sistem pendidikan terbaik./pexels

https://www.bisnis.com/topic/1129/negara 

https://www.bisnis.com/topic/1314/pendidikan 

https://www.bisnis.com/topic/9162/sejarah 

https://www.bisnis.com/topic/997/amerika-serikat 

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah kamu tahu negara dengan sistem Pendidikan terbaik ada di negara mana saja? Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting yang bisa meningkatkan kesejahteraan suatu negara. Dalam hal ini, kualitas Pendidikan tiap negara bisa ditentukan dari survey global.

Indonesia terus berbenah agar memiliki kualitas pendidikan yang tidak kalah bagus dengan sejumlah negara maju lainnya. Dalam hal ini, kualitas Pendidikan terbaik di dunia ditentukan berdasarkan survey global yang berhubungan dengan persepsi. 

Survey ini untuk mengumpulkan skor pada berbagai indikator berbagai keberhasilan sebuah Lembaga perguruan tinggi. Indikator tersebut adalah sistem pendidikannya, popularitas universitas bagi mahasiswa internasional. Hingga kemampuan negara pada universitas tersebut untuk menyediakan kualitas bermutu. 

Berikut ini beberapa negara dengan sistem pendidikan terbaik yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Amerika Serikat

Sebagai pelopor dalam pendidikan modern, Amerika Serikat dikenal menyediakan Pendidikan berkualitas tinggi. Dikutip dari World Population Review, Amerika Serikat menempati peringkat pertama sebagai negara dengan sistem Pendidikan terbaik di tahun 2021. Indeks Pendidikan di AS adalah 0,900 dan merupakan yang tertinggi di dunia. Negara ini juga banyak memiliki Universitas bergengsi yang selalu menjadi incaran para pelajar di seluruh dunia. 

2. Finlandia

Meskipun beberapa universitas ternama di Finlandia masih kalah tenar dengan universitas yang ada di Amerika Serikat, namuns ecara keseluruhan sistem Pendidikan di negara berpenduduk 6 juta jiwa ini masih dianggap terbaik. 

Waktu dan jam sekolah di Finlandia ini juga tidak banyak, bahkan proses belajar mengajarnya juga relatif santai dan tidak penuh tekanan. Para pelajar di sekolah-sekolah Finlandia dibuat nyaman dan betah dalam sistem pengajaran yang ada. Tidak hanya itu, para pengajar di sana juga sangat focus dan menguasai bidangnya masing-masing. 

3. Jerman

Jerman merupakan salah satu negara dengan pendidikan terbaik yang paling ramah kepada mahasiswa asing. Dengan begitu banyak pilihan untuk kursus, lembaga pendidikan disini menjamin pendidikan yang berkualiatas. 

Negara ini sering kali menjadi tujuan utama pelajar untuk melanjutan studi terutama di bidang kedokteran spesialis, otomotif, Teknik dan penerbangan. Ada 68 nobel bidang ilmu pengetahuan  dan kedokteran yang dihasilkan berbagai universitas di Jerman. 

4. Inggris

Inggris memiliki indeks pendidikan 0,896 dan merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Selain Amerika Serikat, Inggris juga menjadi negara incaran pelajar dari penjuru dunia untuk meneruskan studinya. 

Sistem pendidikan Inggris dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan lanjutan dan pendidikan tinggi. Anak-anak di Inggris wajib mengikuti Pendidikan dasar dan menengah yang berlangsung dari sekitar 5 tahun hingga siswa berusia 16 tahun. 

5. Swiss

Swiss merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan yang kuat. Sistem Pendidikan Swiss Sebagian besar terdesentralisasi dengan kurikulum ramah siswa. Uniknya, antar sekolah negeri dengan swasta memiliki kualitas yang sama, sehingga ada banyak warga Swiss yang mengenyam Pendidikan di sekolah negeri. 

Negara ini juga dikenal sebagai rumah bagi banyak universitas hebat di dunia. Dua institusi Pendidikan terbaik di sini adalah ETH Zurich (Institut Teknologi Federal Swiss) dan Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL). 

Itulah beberapa negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Kamu tertarik untuk mengenyam Pendidikan di salah satu negara tersebut?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper