Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Manfaat Kerjasama Asean di Bidang Ekonomi dan Contohnya

Asean merupakan organisasi negara-negara di Asia Tenggara. Terdapat beberapa kerjasama Asean di bidang ekonomi yang perlu diketahui.
Bentuk Kerjasama ASEAN di Bidang Politik yang Perlu Diketahui (freepik)
Bentuk Kerjasama ASEAN di Bidang Politik yang Perlu Diketahui (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Kerjasama Asean di bidang ekonomi memiliki berbagai peranan penting. Perlu dipahami bahwa Asean merupakan organisasi antar negara yang didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan perdamaian serta stabilitas nasional.

ASEAN juga hadir untuk percepatan pertumbuhan ekonomi antar negara yang tergabung di dalam Asean. 

Manfaat Kerjasama Asean di Bidang Ekonomi 

ASEAN berdiri atas dasar kesamaan dari letak geografis, kebudayaan, dan juga persamaan nasib. Manfaat Asean dalam bidang ekonomi terutama bagi ekonomi di Indonesia ini punya peranan penting, seperti berikut:

  • Adanya kerja sama yang terjalin antara ASEAN dan Indonesia dalam bidang ekonomi ini menjadi salah satu dorongan untuk negara Indonesia dapat memperluas dan memperdalam integrasi ekonomi khususnya di kawasan negara Asean. 
  • Manfaat kerjasama ASEAN di bidang ekonomi bagi Indonesia dapat memberikan pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan. Meskipun pada awal berdirinya belum ada persiapan matang dalam menghadapi ide yang diusulkan. 

Contoh Kerjasama Asean di Bidang Ekonomi

Hubungan kerja sama yang terjalin antara negara yang tergabung dalam Asean semakin kuat dari tahun-ketahun. Manfaat Asean dalam bidang ekonomi bagi Indonesia mampu memperkuat perekonomian. Contoh kerjasama Asean di bidang ekonomi adalah sebagai berikut.

  • Asean Industrial Cooperation (AICO)

Pertama, kerja sama Asean dalam bidang ekonomi ada di sektor industri melalui AICO. Kerja sama yang diwujudkan melalui AICO ini dilakukan dengan membangun sentra industri yang ada di beberapa negara yaitu:

  • Asean Urea Project, industri pabrik area yang dibangun di negara Malaysia.
  • Asean Copper Fabrication Project, industri pabrik tembaga yang didirikan di negara Filipina.
  • Asean Vaccine Project, industri vaksin yang mendirikan pabrik di negara Singapura. 
  • Rock Salt Soda Ash Project, industri pabrik abu soda yang didirikan di negara Thailand. 
  • Sektor Cadangan Pangan

Selain bekerja sama di AICO, Asean juga punya peran penting dalam cadangan pangan bagi negara yang tergabung didalamnya. Ada dua lumbung padi utama yang dimiliki oleh Asean yang berada di negara Thailand dan Vietnam. 

Kedua negara tersebut juga terus menjalin komitmen sebagai negara yang menyediakan cadangan pangan untuk negara tetangga dan anggota Asean lainnya. Selain itu, ada dua negara lain seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Filipina yang terus berkomitmen untuk ikut serta dalam penyediaan cadangan pangan saat kondisi sedang darurat. 

  • Sektor Ekonomi Pariwisata

Sektor ekonomi pariwisata juga menjadi bagian dalam sektor yang bekerja sama dengan Asean . Bahkan sektor ini juga kemungkinan besar menjadi prioritas utama bagi Indonesia.

Sektor ekonomi ini merupakan salah satu sektor yang menyokong ekonomi bagi masyarakat Indonesia dan negara yang tergabung dalam Asean . Sektor pariwisata juga merupakan sektor yang mampu membuka lapangan kerja baru karena bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Kerjasama Asean di bidang ekonomi ini sebagai jembatan dalam pelestarian budaya dan memajukan budaya lokal yang ada di masing-masing negara di Asean . 

Wisatawan domestik atau mancanegara begitu tertarik dengan keberadaan budaya lokal. Oleh karena itu, budaya menjadi daya tarik bagi sektor pariwisata yang harus dikembangkan. 

  • Kawasan Perdagangan Bebas atau ASEAN Free Trade Area (AFTA)

AFTA merupakan salah satu kerjasama Asean di bidang ekonomi yang membantu produsen untuk mendapat fasilitas bersifat khusus di tingkat lokal. Contohnya tarif efektif bersama sebesar 5-10% untuk tiap produknya. Tarif ini berlaku untuk produk ekspor dan impor. 

AFTA ini punya peranan yang sangat penting dalam perdagangan negara Asean. Kerja sama ini mampu menjadi solusi dari kendala perdagangan. 

Itulah beberapa contoh dari kerjasama Asean di bidang ekonomi yang sangat berpengaruh bagi perekonomian Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper