Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ma’ruf Amin Harap Industri Olahraga Sumbang Pertumbuhan Ekonomi

Ma’ruf Amin menginginkan industri olahraga tidak hanya mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi tetapi juga menyumbang pertumbuhan ekonomi.
Wakil Presiden RI Maruf Amin menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1444 H secara daring, yang dipantau di Jakarta, Sabtu (30/7/2022)./Antara
Wakil Presiden RI Maruf Amin menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1444 H secara daring, yang dipantau di Jakarta, Sabtu (30/7/2022)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menginginkan industri olahraga di Tanah Air tidak hanya mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi tetapi juga menyumbang pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf saat meresmikan Pembukaan Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-39 Tahun 2022 di Stadion Batakan, Jl. Mulawarman, Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat malam, (9/9/2022).

"Visi ini membutuhkan bangunan sinergi pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan industri, media dan akademisi, serta masyarakat luas, termasuk para atlet dan pelatih," ujarnya dikutip melalui rilis BPMI Setwapres, Sabtu (10/9/2022).

Lebih jauh, Ma’ruf menuturkan bahwa semangat membangun keolahragaan nasional harus terus digelorakan, karena memberikan banyak makna dalam kehidupan.

“Olahraga mampu menyatukan perbedaan, karena yang diusung adalah kesetaraan. Olahraga bukan semata soal stamina, melainkan tentang kualitas hidup yang lebih sejahtera,” katanya.

Lebih dari itu, sambung Wapres, olahraga juga mampu membangun kedisiplinan, ketangguhan, sportivitas, dan kerjasama yang seluruhnya berguna dalam kehidupan individu, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Olahraga membentuk karakter bangsa, bahkan dapat menjadi sarana penjaga perdamaian dunia,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ini juga menjelaskan bahwa tema Haornas tahun ini yakni Bersama Cetak Juara yang diyakininya menjadi ajakan bagi segenap bangsa Indonesia untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi di bidang olahraga.

“Para generasi muda, ayo terus bergerak, semangat berolahraga. Para orangtua, jangan kalah dengan pemuda. Bersama kita jadikan olahraga bagian dari keseharian, agar masyarakat Indonesia bergaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat,” ajaknya.

Kemudian kepada para pendidik dan pelatih, Wapres meminta agar terus serius memunculkan bibit talenta olahraga nasional, agar terangkat martabat bangsa melalui raihan prestasi para atlet di kancah dunia.

“Mencetak juara tentu bukan perkara instan, melainkan butuh pembinaan secara berkelanjutan yang berbasis pada ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Wapres kembali menekankan pentingnya pemanfaatan sports science secara serius agar para atlet semakin terurus dan berprestasi.

“Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi membangun ekosistem yang modern dan kondusif bagi tumbuhnya industri olahraga nasional,” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper