Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alat Musik Ritmis Terpopuler Lengkap Beserta Contohnya

Alat musik ritmis merupakan alat musik yang membunyikan nada-nada tertentu. Simak penjelasan lengkapnya. 
Drum merupakan salah satu alat musik ritmis
Drum merupakan salah satu alat musik ritmis

Bisnis.com, JAKARTA - Musik merupakan salah satu hiburan yang digemari oleh semua kalangan. Tidak hanya sebagai hiburan semata, beberapa orang juga menggunakan musik untuk sarana relaksasi atau ritual. Berdasarkan fungsinya, alat musik terbagi menjadi tiga, yaitu melodis, harmonis dan alat musik ritmis. 

Alat musik yang digunakan untuk mengatur tempo lagu atau hanya dimainkan sebagai pengiring irama. Umumnya, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Meskipun begitu, ada beberapa alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara digesek atau digoyangkan. 

Berbeda dengan beberapa jenis alat musik seperti piano, gitar dan seruling. Alat musik ritmis ini tidak bisa menghasilkan nada tertentu. Namun, alat musik ritmis ini memiliki peran penting dalam sebuah lagu karena dapat menciptakan harmoni, baik saat dipadukan dengan alat musik lain maupun sendirian. 

Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Drum 
Drum hadir sebagai instrumen perkusi yang komplek di dalamnya. Satu set drum terdiri dari snare, bass drum, tom-tom, sambal. Hi-hat, dan juga cowbell. Set drum tidak perlu sama antara satu dengan yang lainnya. Semuanya hanya perlu disesuaikan dengan kebutuhan dari komposisi lagu yang akan dibawakan. Set drum yang sederhana biasanya hanya terdiri dari snare, satu buah set drum dan sambal saja untuk bisa dimainkan. 

2. Conga 
Alat musik ini berasal dari Afrika dan masyarakat di sana mengenalnya dengan sebutan tambora. Bentuknya menyerupai kendang yang dipasang dengan menggunakan alat bantu dari besi. Kini conga juga sudah banyak digunakan dalam alat musik modern dan bentuknya juga sudah menyesuaikan zaman. Conga di masa kini kebanyakan terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass. 

3. Kendang 
Tidak hanya alat musik modern seperti drum, alat musik tradisional ini juga merupakan contoh alat musik ritmis. Alat musik ini cukup populer di Indonesia dan merupakan alat musik tradisional khas Jawa barat dan Jawa Tengah. Kendang umumnya terbuat dari kayu dengan rongga yang ditutupi kulit sapi. Pada dasarnya, kendang adalah alat pengiring musik-musik tradisional. Namun belakangan ini kendang juga menjadi pengiring dari musik kontemporer. 

4. Gong 
Gong merupakan alat musik ritmis yang berasal dari Asia Timur dan Tenggara yang berbentuk piringan logam datar melingkar dan menghasilkan suara dengan dipukul menggunakan palu. Biasanya gong yang menghasilkan nada tertentu dimainkan dengan gong nada tertentu lainnya dalam suasana seperti Gamelan tradisional. 

Terdapat berbagai ukuran, gaya dari bentuk gong. Alat musik ini berkembang secara berbeda di setiap lokasi berdasarkan budaya yang ada. Gong biasanya berbentuk datar, tetapi memiliki kubah di tengah. 

5. Tamborin 
Alat musik ritmis ini memiliki dua jenis bunyi saat dimainkan. Bunyi pertama adalah bunyi pukulan dari bagian kulit dan bunyi lainnya adalah gemerincing. Jadi bisa dikatakan bahwa alat musik ini bisa dimainkan dengan cara dipukul dan dikocok. 

6. Kastanyet
Alat musik ini memiliki bentuk yang unik yaitu seperti kerrang kecil. Beberapa pembuatnya membuat kastanyet dengan berbagai warna agar menarik. Karena bentuk dan warnanya yang menarik, kastanyet pun lebih sering dikira mainan oleh beberapa orang. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan menyatukan dua sisinya seperti tepuk tangan. Karena bentuknya yang kecil, umumnya alat musik ini hanya dimainkan dengan dua atau tiga jari saja. Yakni, jempol, telunjuk dan jari tengah.

7. Marakas 
Marakas adalah alat musik ritmis yang juga sudah mendunia dan mampu menghasilkan bunyi yang khas namun sangat meriah. Tidak heran jika marakas jadi alat musik pengiring untuk lagu-lagu yang biasanya akan mengajak kamu atau penontonnya untuk berdansa. 

8. Timpani 
Timpani dikategorikan sebagai alat musik ritmis dengan yang menghasilkan suara dengan cara dipukul. Meskipun timpani memainkan peran penting dalam sebuah orchestra, strukturnya cukup sederhana. 

9. Saron 
Saron juga masuk ke dalam alat musik ritmis tradisional lainnya. Alat musik ini terdiri dari 7 batang perunggu yang dipasang pada bingkai kayu. Dimainkan dengan cara dipukul layaknya timpani. Stik atau mallet yang menyerupai palu, menjadi alat pukul musik ini. 

10. Cajon 
Cajon termasuk salah satu alat musik ritmis. Cajon berbentuk kotak kubus kayu triplek yang sering ‘didudukan’ oleh para pemainnya. Cajon dimainkan dengan cara memukul bagian permukaan triplek. Sama seperti drum, namun versi ini lebih ringkas dan praktis untuk dibawa-bawa. 

Itu dia beberapa contoh alat musik ritmis dari berbagai dunia. Dan tentunya bisa kamu perkenalkan kepada si anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper