Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Klaim Menang Lawan Covid-19, Korea Utara Akhirnya Cabut Aturan Masker

Korea Utara resmi mencabut penggunaan masker bagi masyarakat di berbagai wilayah setelah mengklaim kemenangan atas Covid-19.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 13 Agustus 2022  |  11:30 WIB
Klaim Menang Lawan Covid-19, Korea Utara Akhirnya Cabut Aturan Masker
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memimpin pertemuan Sekretariat Komite Sentral Partai Buruh Korea di Pyongyang, Korea Utara, Senin (27/6/2022). Reuters - KCNA
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA -- Korea Utara resmi mencabut kebijakan penggunaan masker dalam upaya pencegahan virus Covid-19 pada Sabtu (13/8/2022). 
 
Kebijakan tersebut muncul beberapa setelah Presiden Korea Utara Kim Jong Un mengumumkan kemenangan Korea Utara dalam pengendalian virus Covid-19. 
 
Melansir dari Channel News Asia, Korea Central News Agency (KCNA) menyatakan bahwa krisis kesehatan masyarakat yang selama beberapa waktu kebelakang di alami oleh Korea Utara akhirnya telah berhasil dijinakkan dan seluruh wilayah dinyatakan telah terbebas dari virus Covid-19. 
 
"Langkah wajib mengenakan masker dicabut di semua area, kecuali di area perbatasan kota dan kabupaten serta area garis depan," tulis KCNA dikutip dari CNA, Sabtu (13/8/2022). 
 
Sebelumnya, Kim Jong Un diketahui telah memerintahkan pencabutan aturan ketat yang menyangkut penanganan Covid di negara tersebut, yang mulai diberlakukan sejak Mei 2022.
 
Kendati demikian, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadikan Korea Utara sebagai salah satu negara dengan sistem perawatan terburuk di dunia.

Para ahli menyampaikan, negara tersebut bahkan memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang belum memadai dan hanya memiliki sejumlah unit perawatan intensif saja. 
 
Selain itu, WHO juga kerap kali mempertanyakan data statistik Covid-19 yang dimiliki oleh Korea Utara. Di tengah ketiadaan data independen Covid-19 milik Korea Utara, Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk kesehatan dunia juga meyakini bahwa situasi pandemi di Korut justru malah akan semakin memburuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Korea Utara kim jong un Covid-19
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top