Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Brida Ambil Alih Pengelolaan Seluruh Kebun Raya di Indonesia

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menuturkan bahwa pengelolaan kebun raya di seluruh Indonesia akan berada di bawah tanggung jawab Brida.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 27 Juli 2022  |  13:14 WIB
Brida Ambil Alih Pengelolaan Seluruh Kebun Raya di Indonesia
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko menuturkan bahwa pengelolaan kebun raya di seluruh Indonesia akan berada di bawah tanggung jawab Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida), setelah ditetapkan perubahan rancangan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya yang sebelumnya telah diinisiasi oleh BRIN. 

“Pengelolaan kebun raya daerah akan diprioritaskan untuk dikelola oleh Brida, supaya tidak saling berdahulu-dahuluan lagi tentang pihak mana yang akan mengelolanya,” terang Handoko dalam kegiatan acara temu pengelola kebun raya di Gedung BJ Habibie, BRIN, Jakarta, Rabu (27/7/2022). 

Di bawah pengelolaan Brida, Handoko menyampaikan bahwa pihaknya akan mengupayakan adanya pembangunan pusat sains (science center)  hingga pembinaan UMKM berbasis sumber daya lokal daerah, di masing-masing kebun raya daerah. 

Menurut Handoko, tidak hanya berpengaruh pada peningkatan kemampuan riset di masing-masing daerah, terobosan baru yang disusun oleh BRIN ini tentunya juga dapat mendukung laju perekonomian di masing-masing daerah, yang nantinya akan berpengaruh pada peningkatan jumlah pendapatan asli daerah (PAD).

“Harapannya adalah kebun raya tidak hanya menjadi kawasan konservasi ex situ, tetapi juga dapat menjadi pusat untuk mengembangkan kekayaan hayati tersebut, yang nantinya dapat  menjadi sumber ekonomi baru di masing-masing daerah,” tutur Handoko. 

Dia memastikan, setelah berada di bawah pengelolaan Brida, kelima fungsi utama kebun raya, yang terdiri dari fungsi konservasi, penelitian, edukasi, wisata, serta jasa lingkungan tentunya akan tetap berlangsung secara seimbang dan proporsional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebun raya Badan Riset dan Inovasi Nasional-BRIN pendapatan asli daerah
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top