Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keutamaan Berkurban di Hari Raya Iduladha: Diampuni Dosa, Dilebur Perilaku Buruknya

Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo, Jawa Tengah KH Achmad Chalwani mengungkapkan besaran saat melakukan ibadah kurban.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 10 Juli 2022  |  14:49 WIB
Keutamaan Berkurban di Hari Raya Iduladha: Diampuni Dosa, Dilebur Perilaku Buruknya
PT Jurnalindo Aksara Grafika (JAG) sebagai perusahaan penerbit harian Bisnis Indonesia, menyerahkan hewan kurban ke Masjid Jami' Nurul Huda di Karet Tengsin, Jakarta Pusat - Bisnis/Haffiyan.
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Melakukan ibadah kurban di Hari Raya Iduladha membawa pahala yang besar bagi umat yang melaksanakannya.

Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo, Jawa Tengah KH Achmad Chalwani mengungkapkan besaran pahala berkurban menurut hadits Nabi Muhammad saw terkait hal itu dalam Pengajian Rutin Thariqah Qadiriyyah/ Naqsyabandiyyah di masjid pesantren setempat, Ahad (03/07/2022).

“Nabi bersabda, barangsiapa keluar dari rumahnya hendak berkurban, setiap langkahnya diberi pahala 10 kebaikan, dilebur 10 perilaku buruknya, dan diangkat derajatnya 10 kali lipat,” ungkapnya saat mengisi Pengajian Rutin Thariqah Qadiriyyah/ Naqsyabandiyyah di masjid pesantren setempat, pada Minggu (3/7/2022), dikutip dari NU Online.

Bagi yang melaksanakan, akan diberi pahala seperti membaca tasbih saat sedang melakukan transaksi pembelian hewan kurban.

Dalam ceramahnya, KH Achmad Chalwani mengatakan bahwa Ketika hewan kurban sudah direbahkan hendak disembelih, semua makhluk di bumi turun tujuh kali lipat, memintakan ampun dosa orang yang berkurban.

Ketika hewan kurban sudah disembelih, lalu darahnya mengalir, setiap dari tetes darah kurban itu Allah swt menciptakan 10 malaikat, yang sampai hari kiamat tak henti-hentinya memintakan ampunan.

“Begitu besarnya pahala orang yang berkurban. (Jika kurban kambing) hanya sekitar 3,5 – 4 juta, tetapi dimintakan ampunan terus oleh malaikat,” terangnya.

Bahkan saat daging hewan kurban dibagikan kepada yang membutuhkan hingga dimasak dan dimakan, setiap suapan mengandung pahala seperti memerdekaan satu budak dari keturunan Nabi Ismail as.

“Memerdekakan satu budak itu harganya sama dengan beli satu sapi, mohon maaf. Jadi, setiap suap yang dicampuri daging kurban, yang berkurban diberi pahala seperti sedekah satu sapi, satu suapan itu. Kira-kira kalau kambing satu (jadi) berapa suapan itu?” tanyanya sang Kyai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hewan kurban kurban iduladha idul adha idul kurban
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top