Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nama Ibu Kota Ukraina, Kyiv atau Kiev? Ini Sejarahnya

Ada sejarah politik dibalik nama ibu kota Ukraina Kiev dan Kyiv. Simak cara penulisan nama yang benar.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  16:39 WIB
Nama Ibu Kota Ukraina, Kyiv atau Kiev? Ini Sejarahnya
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam forum diskusi yang di adakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) secara daring, Jumat (27/5/2022). - Dok. FPCI

Bisnis.com, JAKARTA - Pengejaan dan penulisan dari nama Ibu Kota Ukraina ternyata memiliki dua nama yang berbeda, ada yang menyebutnya Kyiv dan Kiev, lalu bagaimana sejarah dari kedua penamaan ini? 

Menurut peneliti senior asal Harvard dari Ukraina, Jane Lytvynenko mengatakan bahwa kedua nama ini sebenarnya sama saja, hanya berbeda dari sumber bahasa terjemahanya. 

"Kiev dari Rusia, Kyiv dari Ukraina," tegas Jane. 

Dilansir Quartz pada Kamis (30/6/2022), penamaan ibu kota Kiev hanya saat Ukraina masih bergabung menjadi bagian Uni Soviet. Lalu, pada 1991 saat Ukraina merdeka, pemerintah Ukraina mulai mendorong penamaan resmi Kyiv menjadi nama Ibu Kota Ukraina. 

Sejarawan Rusia dan Ukraina, Kimberly St. Julian-Varnon mengatakan bahwa penamaan ini merupakan topik yang sensitif karena Presiden Rusia, Vladimir Putin menggunakan ejaan dan penulisan di Rusia untuk menyangkal kedaulatan Ukraina. 

Pada 2019, Ukraina mengesahkan undang-undang untuk menjadikan bahasa yang resmi untuk komunikasi masyarakat Ukraina, dengan peresmian ini bukan berarti bahasa Rusia dilarang, yang artinya publik juga bisa berbicara dalam kedua bahasa tersebut. 

Peresmian negara atas nama ibu kotanya, serta bahasa negaranya yang baru-baru ini diratifikasi, dimaksudkan untuk menjadi sinyal bagi komunitas internasional bahwa Ukraina bukanlah embel-embel Rusia, tetapi negara yang mempunyai kedaulatan sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia vladimir putin Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top