Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Jokowi ke Ukraina Lewat Polandia, akan Bertemu Presiden Zelensky

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan ke Kiev dan Moskow untuk bertemu dengan Presiden Zelensky dan Presiden Vladimir Putin.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 28 Juni 2022  |  11:59 WIB
Presiden Jokowi ke Ukraina Lewat Polandia, akan Bertemu Presiden Zelensky
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada High-level Dialogue on Global Development dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/6/2022). - Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan dari Munich pada Senin (27/6/2022), waktu setempat.

Retno memberikan keterangan usai pertemuan Presiden Jokowi dalam KTT G7 bersama negara mitra di Schloss Elmau yang dimulai sejak Minggu.

"Selanjutnya Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia," katanya.

Dalam rangka persiapan pertemuan Jokowi dan Zelensky, Retno mengatakan telah melakukan komunikasi intensif dengan Presiden Palang Merah Internasional UNOCHA, Sekjen UNCTAD, Menlu Turki, dan Sekjen PBB.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan ke Kiev dan Moskow untuk bertemu dengan Presiden Zelensky dan Presiden Vladimir Putin.

Hal itu dilakukan atas dasar kepedulian terhadap isu kemanusiaan dan mencoba berkontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan oleh perang, kata Retno.

Dalam keterangan sebelumnya, Retno mengatakan pertemuan ini dilakukan dalam situasi yang sulit dan kompleks di tengah peperangan yang terjadi di Ukraina.

"Sebagai Presiden G20 dan anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam," kata Retno dalam keterangan pada Rabu lalu.

Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin negara di Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke dua negara tersebut.

Sebagai informasi, Polandia adalah negara tetangga Ukraina yang berjarak sekitar 700 kilometer. Untuk mencapai Kiev, perjalanan bisa dilakukan menggunakan moda transportasi darat, termasuk kereta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Ukraina Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelensky
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top