Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPU Koordinasi dengan KIP Aceh Bahas Soal Partai Lokal di Pemilu 2024

Koordinasi antara KPU dan KIP Aceh dilakukan untuk memfasilitasi partai lokal di Pemilu 2024.
Pemilu 2024./Antara
Pemilu 2024./Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera berkoordinasi dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk memfasilitasi pendaftaran partai politik (Parpol) lokal menjadi calon peserta Pemilu 2024.

Komisioner KPU Idham Holik mengatakan bahwa sejatinya tidak ada perbedaan antara partai lokal Aceh dengan partai-partai nasional. Jadwal pendaftarannya juga dimulai pada tanggal 1 Agustus sampai dengan 14 Agustus 2022.

Hanya saja, bedanya pendaftaran partai di Aceh dilakukan di KIP Aceh bukan di KPU.

“Oleh karena itu hari Selasa [28/6/2022] sampai dengan Kamis [30/6/2022] saya berada di Aceh untuk rapat koordinasi persiapan pendaftaran partai politik lokal,” ucap Idham saat dihubungi Bisnis, Senin (27/6/2022).

KPU, jelas Idham, juga telah mengingatkan kepada partai politik lokal maupun nasional agar mempersiapkan semua keperluan pendaftarannya.

Saat ini telah terdapat 21 partai yang mendapatkan akun di sistem pendaftaran partai politik (Sipol) KPU. Jumlah ini bertambah dibandingkan dengan pada hari Sabtu lalu yang masih sebanyak 16.

“Sebaiknya seluruh persyaratan dapat dilengkapi,” tutupnya.

Untuk diketahui, KIP Aceh adalah lembaga naungan KPU yang berwenang menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada di wilayah Aceh. Wewenang ini berdasarkan UU No. 11/2006 tentang Pemerintahan Aceh dan Qanun No. 7/2007 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum di Aceh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper