Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapten Surindro, Nama Suami Pertama Megawati Diabadikan Jadi Nama Gedung TNI AU

Nama suami pertama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Kapten Penerbang Surindro Supjarso, diabadikan sebagai nama gedung TNI AU di Magetan.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 17 Juni 2022  |  08:02 WIB
Kapten Surindro, Nama Suami Pertama Megawati Diabadikan Jadi Nama Gedung TNI AU
Nama suami pertama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Kapten Penerbang Surindro Supjarso, diabadikan sebagai nama gedung TNI AU di Magetan Jawa Timur, Kamis (16/6/2022). iga anak Megawati hadir pada peresmian itu: Mohammad Rizky Pratama, Mohammad Prananda Prabowo dan Puan Maharani, serta Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo. - Dok. PDIP
Bagikan

Bisnis.com, MADIUN – Nama suami pertama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Kapten Penerbang Surindro Supjarso, diabadikan sebagai nama gedung TNI AU di Magetan Jawa Timur, Kamis (16/6/2022).

Peresmian gedung Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso dilakukan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo dan Ketua DPR Puan Maharani.

Turut hadir pada peresmian itu adalah anak pertama dan kedua Surindro dan Megawati yakni: Mohammad Rizky Pratama, dan Mohammad Prananda Prabowo atau akrab disapa Nanan. Keduanya hadir bersama istri dan keluarga.

Peresmian gedung itu ditandai dengan Fadjar dan Puan menggunting pita serta pembukaan selubung penutup patung Surindro bersama Rizki Pratama dan Prananda Prabowo.

Dikutip dari keterangan tertulis, Surindro adalah seorang penerbang pesawat tempur TNI AU yang hilang dalam misi latihan di Biak pada tahun 1971. Surindro adalah suami pertama Megawati. Kemudian, pada Maret 1973, Megawati menikah dengan Taufiq Kiemas. Dari pernikahan ini lahir Puan Maharani.

Megawati tidak berada di lokasi peresmian, tapi hadir secara daring. Sejumlah anggota DPR dari Fraksi PDIP pun hadir, yakni  Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto, Sadarestuwati, Mayjen (Purn) TNI Tubagus Hasanuddin, Indah Kurnia, Johan Budi SP, Irene Roba, dan Puti Guntur Soekarno.

Sebelum prosesi peresmian dibacakan sejarah hidup Surindro Supjarso, serta penuturan sejumlah mantan rekannya di TNI AU semasa bertugas, yang masih hidup sampai saat ini.

Fadjar mengatakan, bahwa TNI AU sangat mengapresiasi jasa Surindro.

“Atas nama TNI AU kami ingin mengabadikan nama bapak Kapten Penerbang Surindro Supjarso sebagai nama gedung ini. Hal tersebut sebagai wujud rasa hormat kami, rasa bangga kami, sekaligus sebagai bentuk penghargaan atas darma bakti beliau bagi Tanah Air dan angkasa Indonesia,” katanya.

“Semoga gedung ini dapat menginspirasi kami para generasi penerus untuk menimba ilmu pengetahuan udara modern,” tambahnya.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo dan Ketua DPR Puan Maharani, beserta dua putra Megawati Soekarnoputri Mohammad Rizky Pratama, dan Mohammad Prananda Prabowo beserta keluarga saat peresmian gedung Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso di Magetan Jawa Timur./Istimewa

Dia juga mengutip pernyataan Proklamator RI Soekarno, yang pernah berbicara tentang pentingnya Indonesia menguasai sektor udara menghadapi perang modern.

"Beliau menyampaikan, kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional, karena kekuatan nasional di udara faktor yang menentukan dalam perang modern," ujar Fadjar.

"Apa yang beliau sampaikan sangat tepat dan nyata. Kekuatan udara adalah kemampuan yang strategis dan harus dimiliki sebuah bangsa.”

Sementara, Puan Maharani, sebagai Ketua DPR, mengucapkan terima kasih kepada TNI AU. Dia menyinggung tentang perlunya keseimbangan negara memperkuat militer di Indonesia.

Secara khusus, Puan menyampaikan salam dari Megawati kepada para sesepuh dan para istri mantan personel Skuadron 41 dan 42 yang pernah bersama-sama bertugas dan berinteraksi bersama Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso dan Megawati.

“Ibu Mega meminta maaf karena tidak dapat hadir langsung dalam acara ini untuk bersilahturahmi dengan bapak, ibu sekalian. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas jasa dan pengabdian bapak, ibu sekalian selama ini kepada bangsa dan negara,” katanya.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo bersama Ketua DPR Puan Maharani, Mohammad Rizky Pratama, dan Mohammad Prananda Prabowo beserta keluarga./Istimewa

Terharu dan Bangga

Usai peresmian gedung, Rizky Pratama mengatakan terharu dan bangga.

“Saya sangat bangga dan terharu, khususnya untuk Pak Kasau, saya berterima kasih sekali mewakili keluarga, bisa mejadi warga AU. Sekali lagi saya berterima kasih. khususnya kepada Angkatan Udara Indonesia,” kata Tatam, sapaan akrabnya.

Prananda atau akrab disapa Nanan, menambahkan mewakili pihak keluarga maupun pribadi, sangat mengapresiasi apa yang sudah diberikan keluarga besar TNI AU lewat peresmian gedung tersebut.

“Tentunya mewakili pihak keluarga, khususnya saya secara pribadi, mengapresiasi apa yang sudah diberikan dari keluarga besar Angkatan Udara. Dan itu juga yang menjadikan kami sekeluarga menjadi bagian dari keluarga Angkatan Udara Republik Indonesia. Tentu juga membanggakan sekali bagi kami,” kata Nanan.

Sebelum dan sesudah peresmian, Fadjar dan jajaran mengajak anak dan cucu Surindro untuk berfoto bersama serta meninjau sejumlah fasiltas di lanud itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

megawati pdip tni au puan maharani
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top